UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VII B MTs.N. PRAMBANAN SLEMAN

MOH AGUS RIYANTO - NIM. 03450471, (2010) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VII B MTs.N. PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VII B MTs.N. PRAMBANAN SLEMAN)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (894kB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VII B MTs.N. PRAMBANAN SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksaan pembelajaran, peningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Peta Konsep pada sub pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas VII B MTs. N. Prambanan Sleman Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas VII B MTs. N. Prambanan Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua siklus, meliputi langkah-langkah pendahuluan, inti, dan penutup. Data minat belajar diperoleh yang didapat dari angket minat dan data hasil belajar siswa didapat dari soal pre-test dan post-test. Data minat belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dengan persentase dan sedangkan data hasil belajar siswa menggunakan effect size pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran biologi menggunakan Peta Konsep dapat dilaksanakan di kelas VII B MTs. N. Prambanan Sleman Yogyakarta, adapun hambatan adalah pengelolaan waktu yang kurang optimal. Peta Konsep juga dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa tiap siklusnya pada sub pokok bahasan pencemaran lingkungan. Hasil analisis minat siswa ada peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17.14% kategori minat tinggi, kategori minat cukup menurun sebanyak 14.29%, dan kategori minat kurang masih tetap 2,85%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu: Pada siklus I nilai rerata pre-test adalah 5.14, nilai rerata post-test adalah 5.74, dengan selisih 0,60, sedangkan pada siklus II nilai rerata pre-test adalah 6.09, nilai rerata post-test adalah 7.97, dengan selisih 1,88, adapun effect size siklus I dan siklus II adalah 2,23.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peta Konsep, Belajar, Minat, dan Hasil.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 15 Aug 2012 19:11
Last Modified: 01 Mar 2016 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3729

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum