PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SHARAF DI KELAS II MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH V PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

Fadhila Turrohma, 15420065 (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SHARAF DI KELAS II MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH V PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SHARAF DI KELAS II MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH V PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
15420065_PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SHARAF DI KELAS II MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH V PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
15420065_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fadhila Turrohma. (15420065). "Problematika Pembelajaran Sharaf Di Kelas II Madarasah Diniyah Salafiyah V Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran sharaf di kelas II, dan problematika dalam proses pembelajaran sharaf beserta solusinya di Madrasah Diniyah Salafiyah V Pondok Pesantren Al-Munawwir Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan latar di Madarasah Diniyah Salafiyah V Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas II, dan pengurus Madrasah Diniyah. Metode analisis data kualitatif menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pelaksanaan pembelajaran sharaf di kelas II cukup baik, dengan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Evaluasi pembelajaran sharaf dilakukan dengan evaluasi proses belajar dan evaluasi hasil belajar (2) Adapun problematika dalam proses pembelajaran sharaf penulis klasifikasi menjadi dua yaitu problematika linguistik yang mencakup tata bunyi (phonetik), pembentukan kata (morfologi), pembentukan kalimat (sintaksis), pemaknaan (semantik), dan tulisan. Sedangkan problematika non linguistik yang mencakup problem metodologis (tenaga pengajar, santriwati, materi, alokasi waktu, dan media pembelajaran) dan problem sosiologis (wali santri dan lingkungan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Adzfar Ammar,MA
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, problematika, sharaf.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:18
Last Modified: 21 Sep 2020 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum