Syakhshiyyatu Siham Fi Al Qishah Al Qashirah Al Jababirah Li Najib Al Kailani (dirasah Tahliliyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung)

Binti Laela Amanatul Awaliyah, NIM. 15110012 (2019) Syakhshiyyatu Siham Fi Al Qishah Al Qashirah Al Jababirah Li Najib Al Kailani (dirasah Tahliliyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Syakhshiyyatu Siham Fi Al Qishah Al Qashirah Al Jababirah Li Najib Al Kailani (dirasah Tahliliyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung))
15110012_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Syakhshiyyatu Siham Fi Al Qishah Al Qashirah Al Jababirah Li Najib Al Kailani (dirasah Tahliliyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung))
15110012_BAB-II_sampai_SEBELUM -BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Syakhshiyyatu Siham fi al Qishah al Qashirah “al Jabābirah” li Najib al Kailani (Dirasah Tahliliyah Nafsiyah li Carl Gustav Jung) ini menyajikan analisis tokoh Siham dalam cerpen al Jabābirah. Cerpen ini berisi tentang konflik kejiwaan yang dialami tokoh utama. Peneliti akan menjawab dua rumusan masalah, yaitu kepribadian tokoh utama (Siham) dan tipe kepribadiannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur kepribadian Carl Gustav Jung yang terdiri dari tiga sistem kepribadian yang saling berhubungan, yaitu kesadaran (consciousness), ketidaksadaran pribadi (personal unconscious), dan ketidaksadaran kolektif (collective unconscious). Teori ini mendeskripsikan, mengungkapkan, dan menganalisis komponen-komponen kepribadian yang dimiliki tokoh Siham. Selain itu, terdapat tipe-tipe psikologi (psychological types) untuk menggolongkan manusia menjadi ekstrovert atau introvert. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis, yakni mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu cerpen al Jabābirah. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Siham dalam cerpen al Jabābirah berdasarkan dimensi kesadaran adalah seorang yang memiliki fungsi jiwa perasaan dan sikap jiwa introvert. Dalam dimensi ketidaksadaran pribadi ia memilki fungsi jiwa pikiran dan sikap jiwa ekstrovert sedangkan dalam dimensi ketidaksadaran kolektif ia memiliki arketipe, yaitu persona, shado, self, dan animus. Berdasarkan tipe kepribadiannya, Siham memiliki tipe perasa-introvert dan pemikir-ekstrovert. Kata kunci: al Jabābirah, psikologi Carl Gustav Jung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ridwan, S.Ag M.Hum.
Uncontrolled Keywords: al Jabābirah, psikologi Carl Gustav Jung.
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Sep 2020 13:40
Last Modified: 25 Sep 2020 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum