EVALUASI PERPUSTAKAAN DIGITAL IJOGJA BERDASARKAN TEORI USABILITY TESTING (Studi Kasus pada Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY)

Roif Alifah, NIM.:16140084 (2020) EVALUASI PERPUSTAKAAN DIGITAL IJOGJA BERDASARKAN TEORI USABILITY TESTING (Studi Kasus pada Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PERPUSTAKAAN DIGITAL IJOGJA BERDASARKAN TEORI USABILITY TESTING (Studi Kasus pada Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY))
16140084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PERPUSTAKAAN DIGITAL IJOGJA BERDASARKAN TEORI USABILITY TESTING (Studi Kasus pada Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY))
16140084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perpustakaan digital iJogja berdasarkan teori usability testing di Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini bersifat tunggal yaitu evaluasi Perpustakaan Digital iJogja berdasarkan teori Usability Testing. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15698 orang, sedangkan sampel berjumlah 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen utama berupa angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Evaluasi Perpustakaan Digital iJogja diukur berdasarkan kompoenen Usability Testing menurut Nielsen (2003) yang terdiri dari 5 komponen yaitu learability, efficiency, memorbality, errors, satisfaction. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus mean dan grand mean dengan dibantu aplikasi IBM SPSS Statistic 20. Hasil analisis data menunjukkan keseluruhan nilai rata-rata dari ke lima (5) sub variabel sebsar 3,06 sehingga dapat dikategorikan baik. Adapun untuk rincian masing-masing sub variabel yaitu untuk sub variabel kemudahan dipelajari (learability) sebesar 3,23, sub variabel efisiensi (efficiency), sub variabel mudah diingat (memorbality), sub variabel kesalahan (errors), sub variabel kepuasan (satisfaction). Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa secara kegunaan evaluasi Perpustakaan Digital iJogja berdasarkan teori Usability Testing sudah tergolong baik. Hasil penelitian memberikan rekomendasi kepada pihak aplikasi iJogja untuk melakukan update terhadap content aplikasi iJogja secara berkala, baik dari koleksi digital hingga keanggotaan e-Pustaka. Dengan begitu aplikasi iJogja dapat memberikan informasi yang lengkap sesuai kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., S.IP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: perpustakaan digital; usability testing; aplikasi iJogja
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Koleksi Digital - Pemanfaatan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 09 Mar 2021 11:00
Last Modified: 21 Jun 2021 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum