HUBUNGAN MENONTON CHANNEL YOUTUBE REMOTIVI DAN PEMAHAMAN LITERASI MEDIA PADA KADER PELAJAR ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA BESAR

Hersha Rahmawati, NIM.:16210036 (2020) HUBUNGAN MENONTON CHANNEL YOUTUBE REMOTIVI DAN PEMAHAMAN LITERASI MEDIA PADA KADER PELAJAR ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA BESAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MENONTON CHANNEL YOUTUBE REMOTIVI DAN PEMAHAMAN LITERASI MEDIA PADA KADER PELAJAR ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA BESAR)
16210036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MENONTON CHANNEL YOUTUBE REMOTIVI DAN PEMAHAMAN LITERASI MEDIA PADA KADER PELAJAR ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA BESAR)
16210036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Youtube merupakan salah satu platform media sosial yang terbanyak diakses yaitu 88 persen dari total penggunanya pada tahun 2019. Media yang berbasis video ini telah banyak digunakan untuk beberapa kepentingan. Terdapat salah satu channel Youtube yang mengulas tentang literasi media yang harus menjadi pemahaman setiap pengguna media sosial. Hal ini dikarenakan dampak yang ditimbulkan dari menggunakan media sosial itu sendiri, terkhusus pada para pelajar atau remaja yang rentan dalam usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana intensitas menonton channel youtube Remotivi pada kader Pelajar Islam Indonesia Yogyakarta Besar, bagaimana pemahaman literasi media mereka dan adakah hubungan antara intensitas menonton channel youtube Remotivi dan pemahaman literasi media pada kader Pelajar Islam Indonesia Yogyakarta Besar. Teori yang digunakan adalah Efek Media Moderat dan uses and grativications. Uji Validitas menggunakan rumus Pearson Produk Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS versi 22. Jenis analisis penelitian ini adalah survey menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Data berupa skala ordinal dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang / Spearman Rank Order Correlation. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Dan jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 90 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sample, sehingga mendapat 30 responden. Dari pengolahan data, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara menonton channel youtube Remotivi dan pemahaman literasi media pada kader Pelajar Islam Indonesia Yogyakarta Besar. Hal tersebut dilihat dari nilai yang didapat sebesar 0,47 dengan nilai perbedaan kuadrat yakni 2387. Tingkat signifikansi yang dipilih yakni 5% pada table distribusi nilai rho dengan N 30 yakni 0,364. Karena 0,47 lebih besar dari 0,364 maka hubungannya dinyatakan signifikan. Dan dari nilai tersebut disimpulkan bahwa hubungan keeratan kedua variabel dinyatakan cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: literasi media
Subjects: Penyiaran Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 14 Jun 2021 14:31
Last Modified: 14 Jun 2021 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum