PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS ATAS MI AL-ISLAM TONOBOYO BANDONGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nur Kholidah, NIM.: 16480009 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS ATAS MI AL-ISLAM TONOBOYO BANDONGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS ATAS MI AL-ISLAM TONOBOYO BANDONGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
16480009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS ATAS MI AL-ISLAM TONOBOYO BANDONGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
16480009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kondisi lingkungan pendidikan di MI Al-Islam Tonoboyo Bandongan Magelang tahun pelajaran 2019/2020, 2) perkembangan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas atas di MI Al-Islam Tonoboyo Bandongan Magelang tahun pelajaran 2019/2020, dan 3) pengaruh lingkungan pendidikan sekolah terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas atas MI Al-Islam Tonoboyo Bandongan Magelang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, variabel bebas (variabel prediktor) dalam penelitian ini adalah lingkungan pendidikan sekolah, variabel terikat (variabel kriterium) adalah kecerdasan interpersonal. Sampel dalam penelitian berjumlah 104 peserta didik kelas atas (kelas IV, V dan VI). Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket. Sebelum penelitian, instrumen angket terlebih dahulu di uji validitas (konstruk dan empiris) dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh antara lingkungan pendidikan sekolah terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas atas MI Al-Islam Tonoboyo yang dibuktikan dengan nilai t hitung > nilai t tabel yaitu 4,790 > 1,659. Lingkungan pendidikan sekolah memberikan kontribusi terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal sebesar 18,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: lingkungan sekolah; kecerdasan interpersonal; prkembangan anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 24 Jul 2021 09:23
Last Modified: 24 Jul 2021 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42949

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum