MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN METODE TIKRÂR DI RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL

Khusnurrizki Imtinan Aksari, NIM.: 16430004 (2020) MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN METODE TIKRÂR DI RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN METODE TIKRÂR DI RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL)
16430004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN METODE TIKRÂR DI RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL)
16430004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan metode tikrâr dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an dan meningkatkan hafalan surat-surat pendek anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pencapaian hafalan surat-surat pendek anak sebelum diterapkan metode tikrār, (2) untuk mengetahui penerapan metode tikrār dalam meningkatkan hafalan suratsurat pendek anak, dan (3) untuk mengetahui hasil penerapan metode tikrār bagi anak di RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan pengambilan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian ini mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian, dan cara analisis yang digunakan yaitu diawali dengan pengumpulan data, mereduksi data, dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pencapaian hafalan surat-surat pendek anak sebelum diterapkan metode tikrār menunjukkan kemampuan menghafal anak yang belum optimal dengan hasil sebesar 15,38% atau 2 anak pada pencapaian anak dapat menghafal lancar sesuai dengan tajwid. (2) Penerapan metode tikrār terbukti dapat meningkatkan hafalan surat-surat pendek anak pada pencapaian keberhasilan proses pembelajaran dengan kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. (3) Setelah diterapkan metode tikrār, terjadi peningkatan kemampuan menghafal anak yang berhasil pada siklus I sebesar 53,84% atau 7 anak dan meningkat pada siklus kedua menjadi 84,59% atau 11 anak berhasil dengan pencapaian penilaian kemampuan menghafal minimal anak dapat menghafal lancar sesuai dengan kaidah tajwid dan makhraj.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hibana, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Metode Belajar, Tikrar,
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 13:14
Last Modified: 26 Jul 2021 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum