PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA PANDEMI DI SD IT BINA NUSANTARA PANUNGGALAN GROBOGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021 (Perspektif Guru)

Arifa Khoirun Nisa’, NIM.: 16420052 (2020) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA PANDEMI DI SD IT BINA NUSANTARA PANUNGGALAN GROBOGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021 (Perspektif Guru). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA PANDEMI DI SD IT BINA NUSANTARA PANUNGGALAN GROBOGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021 (Perspektif Guru))
16420052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA PANDEMI DI SD IT BINA NUSANTARA PANUNGGALAN GROBOGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021 (Perspektif Guru))
16420052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa kedua merupakan hal yang sulit terlebih lagi pada masa Pandemi yang mana segala proses belajar-mengajar dilakukan secara daring/online. Disisi lain perubahan metode yang secara tiba-tiba mengakibatkan begitu banyak probelmatika yang terjadi selama proses pembelajaran khusus nya pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan problematika pembelajaran bahasa Arab selama masa pandemi COVID-19 di SD IT Bina Nusantara Panunggalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus.. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa problematika yang terjadi selama proses pandemi COVID-19 terbagi menjadi tiga yaitu problematika linguistik, problematika metodologis dan problematika sosiologis. Adapun problem yang dihadapi guru yaitu; 1) Problematika pelafalan bahasa Arab dikarenakan latar belakang siswa, 2) Tidak tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Arab yang sudah di tetapkan karena proses pembelajaran dilakukan secara daring, 3) Kurang nya kemampuan guru dalam menguasai teknologi, 4) Metode pembelajaran yang kurang tepat selama pandemi COVID-19, 5) Kurangnya penguasaan guru terhadap media pembelajaran selama proses pembelajaran daring/online, 6) Waktu atau durasi pembelajaran yang berkurang, 7) Perbedaan latar belakang siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa, 8) Proses evaluasi dalam hal penghafalan mufradat, 9) Lingkungan sekitar siswa yang kurang mendukung dalam mempelajari bahasa Arab. Adapun upaya guru dalam menghadapi problematika pembelajaran bahasa Arab yang terjadi yaitu sebagai berikut: 1) Bekerja sama dengan wali murid untuk menanamkan bahasa Arab sejak dini, 2) Mengubah tujuan pembelajaran menjadi fokus pada pemahaman materi pembelajaran, 3) Mencoba mendalami dan berusaha memahami teknologi dalam dunia pendidikan, 4) Menguapayakan dengan metode daring/online dapat membuat pembelajaran menjadi mengasyikkan, 5) Memodifikasi media-media yang digunakan agar lebih menarik minat siswa belajar bahasa Arab, 6) Memaksimalkan waktu pembelajaran dengan berfokus pada pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, 7) Melakukan evaluasi penghafalan mufradat dengan mengirimkan video di Google Classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muhajir, S.Pd, M.SI
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Dasar, Pendidikan Bahasa Arab, Covid19, Metode Belajar
Subjects: Covid-19
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 12:13
Last Modified: 27 Jul 2021 12:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum