ANALISIS PROGRAM LATIHAN PROFESI (PLP) TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN MENJADI CALON GURU KIMIA YANG PROFESIONAL

Arum Dwi Jayanti, NIM. 14670010 (2021) ANALISIS PROGRAM LATIHAN PROFESI (PLP) TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN MENJADI CALON GURU KIMIA YANG PROFESIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PROGRAM LATIHAN PROFESI (PLP) TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN MENJADI CALON GURU KIMIA YANG PROFESIONAL)
14670010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PROGRAM LATIHAN PROFESI (PLP) TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN MENJADI CALON GURU KIMIA YANG PROFESIONAL)
14670010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Guru mempunyai peranan sangat penting di bidang pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional. Dalam rangka mewujudkan guru yang profesional maka harus dilakukan dari dasar. Seorang guru sebelum mengajar harus memiliki kesiapan mengajar yang matang. Salah satu cara untuk mengasah kompetensi mengajar mahasiswa calon guru dengan mengikuti kegiatan Program Latihan Profesi (PLP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Program Latihan Profesi (PLP) terhadap minat dan kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa pendidikan kimia. Serta mengetahui pengaruh minat dan kesiapan menjadi guru yang profesional pada mahasiswa pendidikan kimia. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yaitu menjabarkan dan menganalisis fenomena yang ditemukan di lapangan sehingga akan menghasilkan kesimpulan yang obyektif berupa data-data deskriptif. Subjek penelitian ini dalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2015 dan 2016 yang telah lulus dalam mata kuliah micro teaching dan telah mengikuti Program Latihan Profesi (PLP) serta mahasiswa alumni pendidikan kimia yang bekerja sebagai guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain: wawancara, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif menggunakan persentase. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Secara keseluruhan persentase proses Program Latihan Profesi (PLP) yang dilaksanakan mahasiswa yaitu sebesar 85,9% artinya mahasiswa telah melaksanakan kegiatan Program Latihan Profesi (PLP) dengan sangat baik. Dimana selama proses Program Latihan Profesi (PLP) tersebut juga menimbulkan minat bagi mahasiswa menjadi seorang guru. Persentase minat mahasiswa menjadi guru didapat angka sebesar 86,8%. Hal ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap profesi guru sangat baik. Program Latihan Profesi (PLP) dapat dikatakan menjadi salah satu faktor eksternal yang berpengaruh terhadap minat tersebut. Keberminatan mahasiswa calon guru tersebut selaras dengan hasil persentase kesiapan mahasiswa yaitu sebesar 79,9%, angka tersebut menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru profesional adalah sangat baik. Kesiapan inilah yang diperlukan untuk menjadi guru profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PLP, Minat Menjadi Guru, Kesiapan Guru Profesional
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 20:45
Last Modified: 16 Sep 2021 20:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum