PENGARUH KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP GRUP TERHADAP SELF MANAGEMEN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 4 MIN 6 MAGELANG

ANISA SIFA YUGINANDA, NIM: 17104080057 (2021) PENGARUH KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP GRUP TERHADAP SELF MANAGEMEN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 4 MIN 6 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP GRUP TERHADAP SELF MANAGEMEN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 4 MIN 6 MAGELANG)
17104080057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP GRUP TERHADAP SELF MANAGEMEN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 4 MIN 6 MAGELANG)
17104080057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Pembelajaran Online Melalui Media Sosial Whatsapp Grup Terhadap Self Managemen Pada Pembelajaran Tematik siswa Kelas 4 MIN 6 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Model yang akan digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen, sementara untuk desain pada penelitian ini adalah noneequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi terstruktur yang telah melalui tahap validasi ahli. Data penelitian yang terkumpul selanjutnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Uji prasayarat ini dilakukan guna memenuhi kriteria penggunaan uji hipotesis yang akan digunakan. Jika uji prayarat terpenuhi, maka teknik analisis data dapat dilakukan dengan statistik parametrik. Akan tetapi, apabila salah satu uji prasyarat tidak terpenuhi, maka teknik analisis menggunakan stastisik non parametrik. Karena data yang terkumpul dalam penelitian ini memenuhi kedua uji prasyarat, maka teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik, yaitu uji independent sampel t test. Selanjutnya untuk mengatahui peningkatan self managemen maka dilakukan uji lanjutan dengan menggunakan uji n gain. Hasil penelitian pengaruh komunikasi pembelajaran melalui media sosial WhatsApp gup berpengaruh terhadap self managemen siswa kelas 4. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji independent sampel t test dengan nilai signifikansi 0,004 lebih kecil dari 0,05. Sementara berdasarkan hasil uji n gain dipeoleh nilai gain untuk kelas eksperimen 0,26 dan untuk kelas kontro -0,18. Hal tersebut berarti terdapat peningakatan self managemen pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, namun masih dalam kateogri yang rendah. Sehingga Ho ditolah dan Ha diterima, artinya penerapan komunikasi pembelajaran online melalui WhatsApp grup berpengaruh terhadap self managemen pada pembelajaran tematik siswa kelas 4 MIN 6 Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andhika Yahya Putra M. Or
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pembelajaran, WhatsApp Grup, dan Self Managemen
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Sep 2021 09:50
Last Modified: 20 Sep 2021 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum