PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENUNGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV B MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA

Riska rohdiatun, NIM.: 14480034 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENUNGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV B MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENUNGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV B MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
14480034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENUNGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV B MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
14480034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Dari basil observasi di MIN 1 Bantul Y ogyakarta dalam proses pembelajaran Bahasa Arab, guru masih menjadi pusat kegiatan belajardi kelas. Karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini menyebabkan kurangnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya keaktifan dan basil belajar peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan keaktifan dan basil belajar yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas IVB MIN 1 Bantul Yogyakarta setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik make a match, 2) Hasil peningkatan basil belajar Bahasa Arab peserta didik kelas IVB MIN 1 Bantul Yogyakarta setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik make a match. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana peneliti ini berkolaborasi dengan guru Bahasa Arab. Lokasi penelitian di kelas IVB MIN 1 Bantul Yogyakarta dengan jumlah keseluruhan 25 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran dengan penerapan model kooperatif teknik make a match, basil persentasenya mengalami peningkatan pada aspek keaktifan belajar. Pada siklus I diperoleh persentasenya sebesar 70% kemudian pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 80%. 2) Hasil belajar juga mengalami peningkatan karena mutu proses belajar dapat memicu basil belajar. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 74 dan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 60%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata- rata peserta didik menjadi 88 dan ketuntasan belajar peserta didik 84%. Dengan dernikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan basil belajar Bahasa Arab kelas IVB MIN 1 Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Teknik Jigsaw; pembelajaran; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Nov 2021 13:48
Last Modified: 01 Nov 2021 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum