PENGARUH KELEKATAN ORANG TUA – REMAJA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR ONLINE SISWA SMP (TAMAN DEWASA) IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

Via Ulva Hapsari, NIM.: 17102020056 (2021) PENGARUH KELEKATAN ORANG TUA – REMAJA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR ONLINE SISWA SMP (TAMAN DEWASA) IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KELEKATAN ORANG TUA – REMAJA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR ONLINE SISWA SMP (TAMAN DEWASA) IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA)
17102020056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KELEKATAN ORANG TUA – REMAJA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR ONLINE SISWA SMP (TAMAN DEWASA) IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA)
17102020056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kedisiplinan belajar Online menjadi tantangan baru bagi para remaja pasalnya dengan adanya wabah ini remaja diharuskan belajar online dari rumah guna mencegah penularan. Hal tersebut menjadikan orang tua lebih ekstra dalam mengayomi dan membimbing anak untuk tetap antusias belajar, apalagi masa remaja masa peralihan yang suasana hatinya mudah berubah – ubah baik pikiran dan hatinya keadaan tersebut rentan bagi remaja melanggar kewajibannya. Kedisiplinan belajar Online dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya yaitu kelekatan orang tua – remaja, kelekatan yang dimiliki membuat remaja mendapatkan keharmonisan dan kehangatan sehingga muncul rasa tanggung jawab remaja untuk menjaga kedisiplinan belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP (Taman Dewasa) Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling jenis sampling total. Variabel penelitian meliputi kelekatan orang tua – remaja sebagai variabel bebas dan kedisiplinan belajar Online sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat syarat normalitas dan linieritas dan uji regersi sederhana untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t variabel bebas kelekatan orang tua – remaja terhadap variabel terikat kedisiplinan belajar online dinyatakan hipotesis ditolak dan diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara variabel bebas dan varibel terikat, hasil menunjukkan nilai sig yaitu 0,001 < 0,05 dan 3,743 > 2,042, koefisien determinasi ( ) yaitu 0,298 atau 29,8%. Hal ini berarti 29,8% kedisiplinan belajar online dipengaruhi kelekatan orang tua – remaja, sedangkan 70,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Casmini, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kelekatan, Kedisiplinan, Pandemi Covid-19
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 04 Nov 2021 17:36
Last Modified: 04 Nov 2021 17:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46350

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum