FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA DAN CARA MENGATASINYA DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

BUDI ASTINI - NIM. 96413254, (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA DAN CARA MENGATASINYA DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA DAN CARA MENGATASINYA DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA DAN CARA MENGATASINYA DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Beban Pelajaran siswa MAN relative lebh berat, karena materi pelajaran umum yang harus menyamakan di SMU. Selain itu kondisi Madrasah Aliyah yang masih taraf perkembangan, maka bik guru, prasarana dan sarana/alat-alat pengajaran, secara umum dalam kondisi yang terbatas terutama bagi pelajaran umum, seperti bidang dtudi yang di EBTANAS kan, hal tersebut nampak sekali bila dibandingkan dengan kondisi di SMU. Dalam penelitian ini yang menjadi obyek adalah pengajaran bidang studi EBTANAS di MAN Wonokromo Pleret Bantul. Untuk menentukan subyek penelitian menggunakan teknik sampling, dengan sumber datanya Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, tenaga edukatif, tenaga administrasi, Siswa MAN Wonokromo Bantul. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, metode angket, wawancara dan dokumnetasi. Dalam menganalisa menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan metode berfikir deduktif dan induktif. Dari Faktor tenaga pengajar sebagian besar guru telah memenuhi persyaratan menjadi tenaga pengajar, hanya ada sebagian kecil yang kurang memadai, sehingga siswa kadang merasa bosan dalam belajar. Dari Faktor siswa, mereka kurang rajin belajar, sehingga nilai mereka kurang memuaskan. Sedang dari factor sarana/fasilitas 10 % mengatakan tidak ada hambatan dalam mengajar dan 90 % mengatakan ada berbagai hambatan, antara lain kurangnya buku-buku di MAN Wonokromo dan terbatasnya alat-alat peraga yang tersedia. Dari Faktor kurikulum dan metode masih terdapat hambatan antara lain kurangnya waktu yang tersedia, jam belajar lebih sedikit disbanding dengan SMU, dan siswa dibebani dengan banyaknya studi masing-masing. Tapi factor metode tidak ada masalah karena guru menggunakan metode sesuai dengan bidang studi masing-masing. Untuk Faktor lingkungan tidak ada permasalahan, kalaupun ada datangnya dari siswa yang membuat gaduh. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. HM. Asrori Ma'ruf.
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, Madrasah Aliyah Negeri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Feb 2013 19:38
Last Modified: 07 Feb 2013 19:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum