UPAYA GURU DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA LINGUISTIK (KOSAKATA) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING DI MTS MANAHIJUL ‘ULUM PLAOSAN PATI TAHUN AJARAN 2020/2021

Nila Mustabsyiroh, NIM.: 17104020070 (2021) UPAYA GURU DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA LINGUISTIK (KOSAKATA) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING DI MTS MANAHIJUL ‘ULUM PLAOSAN PATI TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA LINGUISTIK (KOSAKATA) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING DI MTS MANAHIJUL ‘ULUM PLAOSAN PATI TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA LINGUISTIK (KOSAKATA) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING DI MTS MANAHIJUL ‘ULUM PLAOSAN PATI TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika apa saja dalam pembelajaran bahasa Arab daring, problematika linguistik apa yang menonjol dalam pembelajaran bahasa Arab daring, dan bagimana upaya guru dalam mengatasi problematika linguistik (kosakata) pembelajaran bahasa Arab daring di MTs Manahijul ‘Ulum Plaosan Pati tahun ajaran 2020/2021. Oleh karena itu diharapkan dengan penelitian ini dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan khususnya MTs Manahujul ‘Ulum sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penilitian deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan instrumen penelitian observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab di MTs Manahijul ‘Ulum Plaosan Pati. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat problematika linguistik maupun non linguistik dalam pembelajaran bahasa Arab daring. Problematika linguistik nya yaitu siswa tidak mengetahui kosakata yang dipelajari, siswa masih kesuliatan dalam membedakan antara fi’il madhi dan fi’il mudhori, siswa kesulitan dalam menerjemahkan teks/bacaan bahasa Arab. Dan problematika non linguistik yang terjadi meliputi: Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran, waktu pembelajaran kurang maksimal, kurang nya keakraban guru terhadap siswa, latar belakang pendidikan siswa. Problematika yang menonjol dalam pembelajaran bahasa Arab daring di MTs Manahijul ‘Ulum ini adalah problematika linguistik (kosakata). Karena kosakata dianggap penting dan utama dalam pemebelajaran bahasa Arab. Langkah-langkah yang merupakan upaya guru bahasa Arab di MTs Manahijul ‘Ulum Plaosan dalam mengatasi problematika linguistik yang menonjol yaitu problematika (kosakata) dalam pembelajaran bahasa Arab daring adalah sebagai berikut: 1) Menggunakan Aplikasi Penunjang. 2) Manghafal Kosakata. 3) Memberikan Bahan Ajar Penunjang. 4) Pengaplikasian kosakata. 5) Memberikan kebebasan terstruktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Upaya, Problematika Kosakata, Daring
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:21
Last Modified: 25 Nov 2021 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum