STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Ardian Retno Anggraeni, NIM.: 17104080053 (2021) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR)
17104080053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR)
17104080053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui perbedaan model pembelajaran self directed learning dengan metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di sekolah dasar, (2) Mengetahui keefektifan model pembelajaran self directed learning dengan metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan model penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Adapun desain penelitian ini adalah non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Brosot dengan jumlah peserta didik 36 peserta didik. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik sample jenuh. Subjek penelitian dibagi menjadi dua yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes pengetahuan yang telah melalui tahap validasi ahli dan uji coba lapangan. Data penelitian yang terkumpul selanjutnya dilakukanuji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Jika uji prasyarat terpenuhi, maka peneliti menggunakan teknik analisis data parametrik. Namun jika uji prasyarat itu tidak terpenuhi, maka peneliti menggunakan teknik analisis data non parametrik. Karena data yang terkumpul pada penelitian ini memenuhi uji prasyarat, maka teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik parametrik yaitu dengan uji independent sample t test dan uji N gain. Hasil penelitian studi komparasi model self directed learning dengan model discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di sekolah dasar memiliki perbedaan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test pada kelas eksperimen dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,036 lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran self directed learning lebih efektif, dengan dibuktikan adanya hasil perhitungan N-gain sebesar 16,1% lebih besar daripada kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran discovery learning dengan hasil N-gain 0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Anita Ekantini, M. Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan; belajar mandiri; pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 26 Nov 2021 10:54
Last Modified: 26 Nov 2021 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum