PEMBELAJARAN ONLINE MATA KULIAH MATEMATIKA LANJUT MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Syamsidar, NIM.: 17104080074 (2021) PEMBELAJARAN ONLINE MATA KULIAH MATEMATIKA LANJUT MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN ONLINE MATA KULIAH MATEMATIKA LANJUT MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17104080074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN ONLINE MATA KULIAH MATEMATIKA LANJUT MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17104080074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak besar terhadap dunia pendidikan. Pembelajaran konvensional berubah menjadi pembelajaran online dan mengharus belajar dari rumah masing-masing. Salah satunya mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang tengah mengalami pembelajaran online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran online masa pandemi covid-19 mata kuliah Matematika Lanjut mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan mengguanakan metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah angkatan 2019 yang mengambil mata kuliah Matematika Lanjut dan mengikuti pembelajaran online, dengan jumlah 63 populasi. Teknik analisa data menggunakan teknik presentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa pelaksanaan pembelajaran online masa pandemi covid-19 mata kuliah Matematika Lanjut mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pelaksanaaan pembelajaran menggunakan 3 media aplikasi online. Dari 3 aplikasi tersebut digunakan sesuai kebutuhan. Pelaksanaan pembelajaran 57% memanfaatkan media aplikasi google classrooom digunakan untuk mengumpulkan tugas, 42% whatsapp grup digunakan untuk menyampaikan informasi pembagian tugas dan kelompok, 46% zoom meeting dan googlemeet digunakan untuk penyampaian materi secara online. Model pembelajaran 67% model synchronous dan asynhcronous digunakan untuk penyampaian materi tatap muka secara online. Manfaat pembelajaran online yang dirasakan 67% meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab belajar, dan sebagian mahasiswa merasakan 49% waktunya fleksibel. Kendala atau hambatan pembelajaran yang dirasakan 54% susah fokus dalam belajar, sebagian mahasiswa merasakan 21% boros kouta, dan tugas menumpuk 35%. Ketersedian jaringan internet saat pembelajaran online berdasarkan ditempat/domisili 36% sinyal kurang stabil, sebagian mahasiswa merasakan 44% sinyal stabil, dan sebagian mahasiswa lainnya merasakan 29% sinyal susah di jangkau. Harapannya untuk pembelajaran online mata kuliah Matematika Lanjut kedepannya adalah meningkatkan pembelajaran tatap muka secara online, pembelajaran dengan model blended learning, penjadwalan menjawab soal-soal latihan, menggunakan microsoft tim dan padlet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Pembelajaran online, Mata kuliah Matematika Lanjut
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:58
Last Modified: 26 Nov 2021 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum