EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN SMART FI’IL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Muhammad Imam Rosyadi, NIM.: 14420022 (2021) EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN SMART FI’IL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN SMART FI’IL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN SMART FI’IL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peranan dan fungsi penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses pembelajaran efektif dan menyenangkan bagi anak yang sedang di tahap usia bermain. Media merupakan faktor penting yang turut andil dalam menentukan keberhasilan di dalam pembelajaran, karena sebuah media dapat membantu siswa agar mudah menerima materi yang diajarkan dan bagi guru memiliki manfaat juga, yaitu dalam proses pembelajaran guru bisa lebih rinci dan materi lebih terstruktur karena sudah lebih awal dirancang. Dalam kondisi ini penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi proses dan mutu hasil belajar mengajar. Penelitian di dalam skripsi ini memiliki tujuan: (1) mengetahui pelaksanaan penggunaan media Smart Fi’il. (2) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) mengetahui kontribusi media Smart Fi’il dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Objek yang peneliti pilih adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian penggunaan media Smart Fi’il di kelas V memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini membuktikan bahwa treatment yang diterapkan memilki dampak positif sesuai harapan peneliti. Dengan adanya hasil ini, diharap ke depannya lebih banyak guru yang sadar akan pentingnya penggunaan media pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Smart Fi’il, Penggunaan Media, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:21
Last Modified: 13 Jan 2022 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum