STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DISABILITAS INTELEKTUAL) DI SEKOLAH HARAPAN SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA

Atho’ Fahmi Mubarok, NIM.: 14420043 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DISABILITAS INTELEKTUAL) DI SEKOLAH HARAPAN SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DISABILITAS INTELEKTUAL) DI SEKOLAH HARAPAN SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA)
14420043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DISABILITAS INTELEKTUAL) DI SEKOLAH HARAPAN SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA)
14420043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan rencana, langkah serta sarana yang dalam praktik akan diperankan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas guna mencapai dan merealisasikan tujuan pembelajaran. Anak disabilitas intelektual adalah anak yang memiliki intelegensi yang signifikan berada di bawah rata-rata anak seusianya, dan disertai ketidakmampuan dalam adaptasi perilaku yang muncul dalam masa perkembangan. Sekolah Harapan merupakan sekolah inklusi di daerah Yogyakarta yang terletak di desa Sinduadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi pembelajaran bahasa Arab bagi Anak Berkebutuhan Khusus (disabilitas intelektual) di kelas inkubasi Sekolah Harapan Yogyakarta?”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran bahasa arab bagi Anak Berkebutuhan Khusus (disabilitas intelektual) di Sekolah Harapan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab, wali kelas dan guru pendamping khusus ABK disabilitas intelektual di Sekolah Harapan. Hasil penelitian terhadap strategi pembelajaran bahasa arab bagi anak disabilitas intelektual di kelas inkubasi Sekolah Harapan, diperoleh kesimpulan bahwa dari 5 siswa ABK yang ada di kelas inkubasi, guru mengimplementasikan Strategi PAKEM dengan model parsitipatif dengan faktor guru yang sangat berpengaruh di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, ABK (Disabilitas Intelektual), Kurikulum
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:29
Last Modified: 13 Jan 2022 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum