PENGARUH IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN KINEMASTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs DARUL ULUM 2 SINAR MELATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Hasan Rizki, NIM.: 14420083 (2021) PENGARUH IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN KINEMASTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs DARUL ULUM 2 SINAR MELATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN KINEMASTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs DARUL „ULUM 2 SINAR MELATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
14420083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN KINEMASTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs DARUL „ULUM 2 SINAR MELATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
14420083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh video kinemaster terhadap minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Daarul „Ulum 02 Sinar Melati Yogyakarta. (2) Mengetahui perbedaan minat belajar bahasa Arab antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah field research (penelitian lapangan). Objek penelitiannya adalah kelas VII A (kelas eksperimen) dan VII B (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Para siswa memiliki minat yang baik dengan mayoritas siswa yang menyukai media video pembelajaran yang di sampaikan oleh guru. (2) Minat belajar siswa kelas VII MTs Daarul „Ulum 02 Sinar Melati Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022 meningkat dengan adanya penerapan media video pembelajaran. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T. Hasil menunjukkan bahwa para siswa di kelas eksperimen semakin meningkat minat belajarnya dengan rata-rata nilai gain sebesar 3.60. Sedangkan para siswa di kelas kontrol mempunyai nilai minat belajar bahasa Arab yang menurun dengan rata-rata gain sebesar -1,80 yang menghasilkan nilai signifikansi 0.851 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan treatment berupa media video kinemaster dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas eksperimen di dalam pembelajaran bahasa Arab lebih tinggi daripada minat belajar siswa kelas kontrol yang menerapkan media power point.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Video, Kinemaster, Minat, Pembelajaran, Bahasa Arab, MTs Daarul „Ulum 02 Sinar Melati
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:45
Last Modified: 13 Jan 2022 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48470

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum