ANALISIS BUKU AL-MIFTAH LIL ‘ULUM “MUDAH BELAJAR MEMBACA KITAB” KARYA BATARTAMA (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN, DAN KEGRAFIKAN)

Ahmad Dwi Novyanto, NIM. 16420050 (2021) ANALISIS BUKU AL-MIFTAH LIL ‘ULUM “MUDAH BELAJAR MEMBACA KITAB” KARYA BATARTAMA (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN, DAN KEGRAFIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU AL-MIFTAH LIL ‘ULUM “MUDAH BELAJAR MEMBACA KITAB” KARYA BATARTAMA (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN, DAN KEGRAFIKAN))
16420050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU AL-MIFTAH LIL ‘ULUM “MUDAH BELAJAR MEMBACA KITAB” KARYA BATARTAMA (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN, DAN KEGRAFIKAN))
16420050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku almifta> h} lil ‘ulu>m karya Batartama (Tinjauan dari segi Segi Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan, Dan Kegrafikan) layak untuk digunakan oleh sekolahsekolah umum. Oleh karena itu, peneliti menggunakan standar BSNP untuk menganalisis buku tersebut dari segi kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Penelitian ini merupakan penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian buku Al-Mifta>h} Lil ‘Ulu>m “Mudah Belajar Membaca Kitab” Karya Batartama. Sementara itu dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi yang dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari segi kelayakan isi, buku teks ini sudah cukup sesuai dengan indikator yang telah dirumuskan oleh BSNP. Namun, buku ini belum menyajikan materi yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan serta buku rujukan lewat dari lima tahun terakhir. 2) Dari segi penyajian, buku teks ini sudah cukup sesuai dengan indikator yang telah dirumuskan oleh BSNP. Akan tetapi, perlu disajikan kata pengantar atau prakata, SK dan KD, daftar isi, dan daftar pustaka. Penyajian bab harus konsisten supaya tidak menimbulkan kebingungan peserta didik untuk mengidentifikasi bab. Perlu disajikan gambar agar menumbuhkan minat peserta didik dalam belajar. 3) Dalam hal kelayakan bahasa, buku teks ini sudah sesuai dengan indikator yang dirumuskan oleh BSNP. Untuk keruntutan dan keterpaduan alur perbab dan penjelasan sudah sangat bagus dan sesuai. Akan tetapi, masih terlihat kekeliruan pada penetapan kaidah bahasa. 4) Dari segi kelayakan kegrafikan, baik itu ukuran buku, desain kulit buku, maupun desain isi buku sudah sesuai dengan indikator yang telah dirumuskan oleh BSNP. Namun, perbedaan ukuran menurut ISO A5 adalah 52 mm, pada jilid empat warna judul buku tidak kontras dengan warna latar belakang buku, terlalu banyak menggunakan jenis huruf, penamaan bab harus disertakan dengan tulisan BAB diikuti dengan nomor romawi (I, II, III, …).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku, Al-Mifta>h} lil ‘Ulu>m, Penilaian Kelayakan Buku, Bahasa Arab, Kitab Kuning.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2022 13:15
Last Modified: 16 Feb 2022 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49347

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum