MEDIA SOSIAL DAN INTERAKSI KEAGAMAAN Penggunaan Media Youtube Sebagai Interaksi dan Sumber Keagamaan Mahasiswa IAIN Samarinda

M. Irpan Nur, NIM.: 18202011001 (2021) MEDIA SOSIAL DAN INTERAKSI KEAGAMAAN Penggunaan Media Youtube Sebagai Interaksi dan Sumber Keagamaan Mahasiswa IAIN Samarinda. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA SOSIAL DAN INTERAKSI KEAGAMAAN Penggunaan Media Youtube Sebagai Interaksi dan Sumber Keagamaan Mahasiswa IAIN Samarinda)
18202011001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MEDIA SOSIAL DAN INTERAKSI KEAGAMAAN Penggunaan Media Youtube Sebagai Interaksi dan Sumber Keagamaan Mahasiswa IAIN Samarinda)
18202011001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Youtub di era 4.0 menempati peringkat pertama sebagai media sosial yang paling banyak diakses di seluruh dunia, begitu pula pada mahasiswa IAIN Samarinda. Hal ini memberikan ruang media dan vasilitasnya menjadi sebagai ancaman maupun peluang bagi kegiatan dakwah. Bentuk transforamsi dakwah terlihat dari adanya vasilitas media sosial dan khususnya media YouTube yang memberikan fasilitas untuk penggiat dan konsumen dakwah dalam dunia virtual. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi covid-19 yang membatasi gerak dan komunikasi secara langsung. Sehingga kegiatan dakwah konvensional banyak dibatasi dan bahkan dibatalkan, maka diberikan tawaran alternatif untuk menjawab keresahan tersebut dengan melalu vasiltas dengan dakwah dalam dunia virtual. Pengajian pada era modern tidak hanya dilakukan secara face to face namun juga bisa dilakukan dengan menggunakan prantara dunia digital. Segala kemudahan akses dan pemenuhan informasi agama yang ditawarkan media YouTube menjadikan media ini bisa diasumsikan sebagai “ustadz” ataupun “kitab” kontemporer. Mahasiswa IAIN Samarinda sebagai kaum milenial yang terdampak pandemi covid-19 banyak menghabiskan waktu sehari-hari dengan gadget, penuh dengan rasa ingin tahu dan masa penjajakan, menjadikan rentan terserang dan terdampak dari adanya kemajuan teknologi dan komunikasi. Padahal dalam dunia virtual nilai negatif dan postif berdampingan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat fenomena dakwah dalam dunia digital yaitu pada Media YouTube. Penggunaan media Youtube sebagai interaksi dan sumber keagamaan Mahasiswa IAIN Samarinda memungkinkan adanya peran Mahasiswa sebagai konsumen maupun produsen dakwah dalam dunia virtual. Penelitian ini akan membahas seputar interaksi basis virtual dalam media YouTube dan ketersediaan informasi agama. Kemudian penelitian ini juga ingin mengungkapkan ketergantungan mahasiswa pada media YouTube. Hal lain lagi yaitu penelitian ini juga memaparkan kebudyaan dakwah virtual dalam pengalaman dan persepsi mahasiswa IAIN Samarinda. Hasil penelitian ini memunculkan data bahwa Perkembangan pesat teknologi dan informasi membawa perubahan pada pola interaksi dan keberagamaan mahasiswa. Fenomena media YouTube sebagai sumber informasi tentang agama menjadi trendsetter sejak munculnya era digital yang membawa perubahan pada pola dan struktur dakwah. Aktivitas virtualpun mewarnai pola dakwah yang identik dengan face to face. Aktivitas tersebut merupakan bentuk tuntutan kebutuhan informasi agama di era modern menjadikan mahasiswa beradaptasi dengan melek akan teknologi. Interaksi dengan basis virtual yang melekat pada media YouTube dengan bebas nilainya serta tidak terbatas ruang maupun waktu, menjadikan penggunaan media YouTube sebagai sumber keagamaan sejalan di era informasi yang serba cepat. Dalam media YouTube interaksi memungkinkan untuk terjadi, karena disediakannya beberapa alternative untuk adanya interaksi antara konten creator dan audiens. Interaksi dalam lama komentar, live streaming, dan direct massage diungkapkan dengan tujuan dan motif-motif tertentu. Seperti untuk memberikan dukungan, tanggapan, kritik, ide dan arah konten yang disarankan audiens, eksistensi audiens, dan komunikasi khusu atau secara personal. Dengan demikian kian menjadikan ruang dakwah berbasis virtual memberikan keuntungan bagi penggiat dan penikmat dakwah. Ketergantungan mahasiswa IAIN Samarinda pada media YouTube merupakan sebagai upaya pemenuh informasi maupun nilai agama yang mereka cari. Dengan kemudian didorong oleh faktor diskursus sosial sehingga kebutuhan akan agama berlanjut memerlukan media sebagai prantara. Dengan adanya media yang cenderung memberikan segala kebutuhannya akan informasi agama sehingga membuat mahasiswa memiliki ketergantungan kepada media tersebut yaitu YouTube. Hal ini dikuatkan dengan media YouTube yang menyediakan vasilitas berupa ruang dan waktu yang melahirkan krakteristik efektifitas, efesiensi, dan accessible serta bervariatif. Lahirnya dakwah virtual dari asimilasi dakwah merupakan perpaduan budaya media baru dan budaya ngaji konvensional. Perbedaan pengajian virtual dan konvensional terlihat dari adanya ruang dan waktu yang tak terbatas bagi virtual tetapi tidak bagi pengajian konvensional. Konvensioanl yang memiliki keunggulan berupa adanya hubungan emosional yang terbangun dengan guru dan audiens namun tidak selalu terjadi pada proses virtual. Kemudian dari lahirnya kebudayaan baru dakwah memberikan beberapa pengalaman dan persepsi bagi mahasiswa IAIN Samarinda yaitu, pengalaman dalam menggunakan teknologi, pengalaman moralitas dan pengalaman sebagai penerima dan penyampai syiar Islam. Persepsi menerima dan terbuka dengan adanya teknologi (melek teknologi), menganggap adanya kebersinambungan dakwah dan teknologi serta bukan hanya menerima namun juga ikut andil atas kemajuan teknologi, dengan adanya teknologi dan kemajuannya merupakan kodrat yang harus dilalui, dikuti perkembangannya dan ikut andil serta bisa berperan aktif didalamnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: asimilasi budaya dakwah; dakwah virtual; Media YouTube; diskursus sosial
Subjects: Media Sosial
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Mar 2022 13:40
Last Modified: 04 Mar 2022 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49830

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum