IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN BAHASA BITHŌQOH AL-MUFRADĀT (KARTU KOSAKATA) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA

HAFIDZOTUL AZIZAH, NIM: 15420098 (2020) IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN BAHASA BITHŌQOH AL-MUFRADĀT (KARTU KOSAKATA) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN BAHASA BITHŌQOH AL-MUFRADĀT (KARTU KOSAKATA) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA)
15420098_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN BAHASA BITHŌQOH AL-MUFRADĀT (KARTU KOSAKATA) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA)
15420098_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan media permainan bahasa Bithōqoh al-Mufradāt (kartu kosakata), (2) Mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab siswa setelah diterapkannya media permainan bahasa Bithōqoh al-Mufradāt (kartu kosakata), (3) Mengetahui implementasi pembelajaran dengan media permainan bahasa Bithōqoh al-Mufradāt (kartu kosakata). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di SDIT Al-Khairaat Yogyakarta, dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Dengan diterapkannya permainan ini, diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest posttest control group design. Obyek pada penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji Independent Samples T-Testmelalui SPSS 22.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media Bithōqoh al-Mufradāt (kartu kosakata) di kelas V A diawali dengan peneliti membagikan kartu kosakata, kemudian siswa mencocokkan kartu. Setelah siswa berhasil mencocokkan kartu dilanjutkan dengan membacakan kartu dan bermain menggunakan media kartu tersebut bersama dengan kelompoknya. (2) Penguasaan kosakata bahasa Arab siswa setelah menerapkan media permainan Bithōqoh al-Mufradāt mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata nilai 85,00 menjadi 93,18. (3) Tidak adanya hasil pebedaan yang signifikan penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan pada analisis data melalui uji “t” yaitu uji Independent Samples T-Testdan menunjukkan nilai signifikansi Sig. 0,137 lebih besar 0,05 maka Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda,S.S., M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Media, Permainan Bahasa, Bithōqoh al-Mufradāt (kartu kosakata, Kosakata
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Mar 2022 14:59
Last Modified: 31 Mar 2022 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum