ASYAKHSIYAH AR-RAISIYAH FIL QISAH AL-QASIRAH “I’TIRAF RUJULIY” LI NAWAL AS-SA’DAWI (DIRASAH FI ILMI NAFSIL ADAB LIS SKINNER

Mahmudah Arumawati, NIM.: 17101010081 (2022) ASYAKHSIYAH AR-RAISIYAH FIL QISAH AL-QASIRAH “I’TIRAF RUJULIY” LI NAWAL AS-SA’DAWI (DIRASAH FI ILMI NAFSIL ADAB LIS SKINNER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASYAKHSIYAH AR-RAISIYAH FIL QISAH AL-QASIRAH “I’TIRAF RUJULIY” LI NAWAL AS-SA’DAWI (DIRASAH FI ILMI NAFSIL ADAB LIS SKINNER)
17101010081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ASYAKHSIYAH AR-RAISIYAH FIL QISAH AL-QASIRAH “I’TIRAF RUJULIY” LI NAWAL AS-SA’DAWI (DIRASAH FI ILMI NAFSIL ADAB LIS SKINNER)
17101010081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul الشخصية الرئيسية في القصة القصيرة "اعتراف رج ولي" لنوال السعداوي )دراسة في علم النفس الأدبي لسكينر( (Asyakhsiyah ar-Raisiyah fil Qisah al-Qasirah “I’tiraf Rujuliy” li Nawal as-Sa’dawi (Dirasah fi Ilmi Nafsil Adab lis Skinner) bertujuan untuk mengetahui karakteristik kepribadian tokoh utama dalam cerpen “I’tiraf Rujuliy”, dengan memfokuskan pada aspek eksternal yang mempengaruhi kepribadian atau perubahan sikap yang terjadi pada tokoh utama. I’tiraf Rujuliy merupakan salah satu cerpen karya Nawal el-Sa’dawi, sebagaimana kita ketahui anyak sekali karya Nawal yang dijadikan objek penelitian. Cerpen ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang merasa tidak bisa menjadi dirinya sendiri di lingkungan keluarganya, sehingga ia berusaha mencari kebahagiaan dengan caranya sendiri. Tokoh utama memiliki, keperibadian yang tersembunyi yaitu sisi feminimitas pada dirinya yang sangat maskulin didepan keluarga nya. Namun ia tidak dapat mengekspresikan sisi tersebut di depan sang istri dan keluarganya. Di sini peneliti menggunakan pendekatan psikologi sastra. Ilmu psikologi dalam analisis teks sastra berguna untuk mengetahui lebih dalam aspek-aspek psikologis tokoh dalam karya sastra tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif, objek penelitian ini ialah tokoh utama. Berdasarkan pengumpulan dan pengamatan data, penelitian ini menganalisis sebagai berikut. Pertama, mengetahui keinginan tokoh utama yang merasa tertekan di dalam lingkungan keluarganya. Kedua aspek-aspek eksternal yang mempengaruhi emosi atau perasaan tokoh utama. Ketiga, keadaan lingkungan keluarga yang membuat tokoh utama tidak bisa mengekspresikan dirinya dengan bebas. Walaupun nawal el-Sadaawi dikenal dengan karyanya yang berkonsepkan feminisme, namun peneliti mampu meneliti dengan aspek aspek keperibadian Skinner. Sehingga menghasilkan kesimpulan bahwasanya tokoh utama laki-laki mengalami perubahan perilaku dikarenakan faktor eksternal, yang kemudian ia nyaman pada perubahan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Analisis Psikologi, Tokoh Utama, I’tiraf Rujuliy
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Apr 2022 14:20
Last Modified: 20 Apr 2022 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50658

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum