ANALISIS EVALUATIF BUKU TEKS “BAHASA ARAB SISWA KELAS 2 MI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013” KARYA LAILATUL YULIANA (Kajian Aspek Bahasa dan Penyajian Materi)

Sherina Dewi Maulidya,, NIM. 17104020074. (2022) ANALISIS EVALUATIF BUKU TEKS “BAHASA ARAB SISWA KELAS 2 MI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013” KARYA LAILATUL YULIANA (Kajian Aspek Bahasa dan Penyajian Materi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS EVALUATIF BUKU TEKS “BAHASA ARAB SISWA KELAS 2 MI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013” KARYA LAILATUL YULIANA (Kajian Aspek Bahasa dan Penyajian Materi))
17104020074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS EVALUATIF BUKU TEKS “BAHASA ARAB SISWA KELAS 2 MI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013” KARYA LAILATUL YULIANA (Kajian Aspek Bahasa dan Penyajian Materi))
17104020074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku teks bahasa Arab siswa kelas 2 MI pendekatan saintifik kurikulum 2013 karya Lailatul Yuliana telah memenuhi kriteria kelayakan buku teks sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah ditinjau dari aspek kebahasaan dan penyajian materi. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan objek penelitian ini adalah buku teks Bahasa Arab siswa kelas 2 MI pendekatan saintifik kurikulum 2013 karya Lailatul Yuliana. Sementara itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan menggunakan pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks telah memenuhi kriteria standar kelayakan buku teks baik dari segi kebahasaan maupun penyajian materi dan sesuai dengan standar penilaian kelayakan buku teks yang dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan yang tertuang pada Permendikbud No. 08 Tahun 2016. Materi dalam buku ini disajikan dengan bahasa yang komunikatif dan sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik disertai penyajian buku yang interaktif, dibuktikan dengan adanya materi percakapan pada setiap bab. Namun, materi yang disajikan belum sesuai dengan perkembangan teknologi dan rujukan yang lewat dari lima tahun terakhir, serta buku tidak bewarna sehingga kurang menarik dan tidak terdapat kutipan yang menjelaskan gambar ilustrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku teks, Standar Penilaian Kelayakan.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Apr 2022 10:44
Last Modified: 28 Apr 2022 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum