AL-IKHWANUL MUSLIMIN FII QISHAH AL-QASHIRAH LI NAJIB AL-KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH JINITIKIYAH LI LUCIEN GOLDMANN)

Fauziyyah Saputri, NIM.: 14110047 (2022) AL-IKHWANUL MUSLIMIN FII QISHAH AL-QASHIRAH LI NAJIB AL-KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH JINITIKIYAH LI LUCIEN GOLDMANN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-IKHWANUL MUSLIMIN FII QISHAH AL-QASHIRAH LI NAJIB AL-KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH JINITIKIYAH LI LUCIEN GOLDMANN))
14110047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL-IKHWANUL MUSLIMIN FII QISHAH AL-QASHIRAH LI NAJIB AL-KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH JINITIKIYAH LI LUCIEN GOLDMANN))
14110047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Cerpen Rajul fii az Ziham karya Najib Kailani ini menceritakan tentang seorang laki-laki bernama Said Abdul Bari yang secara tiba-tiba ditangkap oleh polisi dan ditahan di penjara Abu Za’bal , Mesir. Said ditahan atas tuduhan sebagai anggota dari organisasi Ikhwanul Muslimin. Namun, pada hakikatnya Said tidak mengetahui apa itu gerakan Ikhwanul Muslimin. Pernah satu kali ia mengikuti kegiatan di masjid yang diadakan oleh Ikhwanul Muslimin tersebut. Tetapi Said tidak memahami betul akan citra negatif yang ditimbulkan oleh organisasi itu terhadap masyarakat sekitar. Said menghadiri kegiatan tersebut semata-mata hanya ingin mendapatkan ilmu dari agamanya. Dimana, Said sangat menyukai tentang kisah perjalanan Rasulullah SAW, kisah-kisah orang shaleh dan orang zuhud. Untuk menganalisis cerpen ini, metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode pengumpulan data, metode pengolahan data, dan metode dialektik. Sedangkan teori yang digunakan yaitu, pendekatan strukturalisme genetik Lucien Goldmann, yang di dalamnya khusus membahas mengenai pandangan dunia pengarang. Kemudian teknik analisanya : 1) analisis struktur cerpen melalui unsur-unsur yang membangun teksnya dan memahaminya sebagai suatu keseluruhan strukturnya, 2) analisis pandangan dunia pengarang. Dari hasil penelitian yang didapatkan, bahwa Najib Kailani selain dikenal sebagai seorang dokter, penulis, sastrawan Islam, juga pernah ikut dalam keanggotaan Ikhwanul Muslimin di Mesir. Pada saat itu, Najib Kailani ditangkap dan ditahan ke dalam penjara karena keikut sertaannya dalam gerakan Ikhwanul Muslimin dan ketika itu Najib Kailani duduk di bangku perkuliahan. Sementara itu, genetika pandangan dunia pengarang di dalam karya cerpen ini adalah pandangan dunia kritis. Dimana unsur ini sangat berpengaruh pada proses penciptaan karya sastra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Moh. Kanif Anwari,S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Najib Kailani, Ikhwanul Muslimin, Strukturalisme Genetik
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 May 2022 14:39
Last Modified: 30 May 2022 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51145

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum