ANALISIS MANAJEMEN LABA BERDASARKAN ASPEK PERPAJAKAN DAN ASIMETRI INFORMASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG DAN KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI ISSI PERIODE 2016-2020

Vica Fristanti, NIM.: 18108040029 (2022) ANALISIS MANAJEMEN LABA BERDASARKAN ASPEK PERPAJAKAN DAN ASIMETRI INFORMASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG DAN KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI ISSI PERIODE 2016-2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MANAJEMEN LABA BERDASARKAN ASPEK PERPAJAKAN DAN ASIMETRI INFORMASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG DAN KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI ISSI PERIODE 2016-2020)
18108040029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MANAJEMEN LABA BERDASARKAN ASPEK PERPAJAKAN DAN ASIMETRI INFORMASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG DAN KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI ISSI PERIODE 2016-2020)
18108040029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tindakan merekayasa penyajian laporan keuangan dengan menaikkan atau menurunkan laba dapat menyesatkan dan menimbulkan kerugian bagi pihak lain. Ada berbagai faktor yang memotivasi manajer melakukan tindakan manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindakan manajemen laba dengan mengambil beberapa indikator dari segi aspek perpajakan yang meliputi perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan serta indikator asimetri informasi yang dimiliki manajer. Objek yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah perusahaan manufaktur sektor barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2020. Perusahaan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel pengamatan sejumlah 130 data. Teknik analisis menggunakan regresi data panel yang diolah dengan program Eviws v.12. Berdasarkan hasil analisis data bahwa keseluruhan hipotesis dalam penelitian ini terdukung. Dimana indikator perencanaan pajak, beban pajak tangguhan dan asimetri informasi berpengaruh positif signifikan dalam mendeteksi adanya tindakan manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yayu Putri Senjani, S.E., M.Sc., ACPA.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, dan Asimetri Informasi
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 05 Jul 2022 11:37
Last Modified: 05 Jul 2022 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51588

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum