PERAN ORANG TUA MENUMBUHKAN DISIPLIN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI TUREN KECAMATAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

Ryan Nur Isnaini, NIM.: 18104080038 (2022) PERAN ORANG TUA MENUMBUHKAN DISIPLIN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI TUREN KECAMATAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA MENUMBUHKAN DISIPLIN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI TUREN KECAMATAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
18104080038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA MENUMBUHKAN DISIPLIN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI TUREN KECAMATAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
18104080038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih terdapat beberapa permasalahan orang tua dalam menumbuhkan disiplin belajar siswa. Permasalahan tersebut disebabkan oleh adanya keterbatasan ilmu pengetahuan yang orang tua miliki serta keadaan orang tua yang harus bekerja untuk mencari nafkah sehingga kurang mampu membagi waktu dengan pendampingan belajar anak. Hal tersebut berdampak pada disiplin belajar siswa, yaitu terdapat siswa yang menganggap mata pelajaran Matematika adalah sebuah mata pelajaran yang sulit. Selain itu siswa yang jarang berlatih mengerjakan soal Matematika sehingga siswa masih kesulitan menghitung saat mengerjakan soal Matematika dan membuat siswa kurang percaya diri, kurang teliti dengan jawaban dari soal Matematika yang sudah siswa kerjakan. Hal tersebut diperkuat dengan nilai hasil kegiatan belajar Matematika siswa kelas 3 SD Negeri Turen dari 21 siswa masih terdapat 11 siswa yang nilainya tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana disiplin belajar Matematika siswa kelas 3 SDN Turen Kecamatan Pakem Sleman Yogyakarta, (2) bagaimana peran orang tua menumbuhkan disiplin belajar Matematika siswa kelas 3 SDN Turen Kecamatan Pakem Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus, yaitu penelitian yang lebih dalam mengenai individu, satu organisasi, kelompok, program kegiatan dan yang lainnya dalam waktu tertentu. Adapun peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dalam menganalisis data dengan melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk mendapatkan keabsahan data dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi data peneliti lakukan untuk membandingkan data hasil observasi, wawancara serta dokumentasi yang telah peneliti lakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa terutama dalam mengatur waktu belajar, perhatian dan kesiapan yang baik saat mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, teratur dan rajin belajar, serta mentaati tata tertib yang ada di kelas akan berpengaruh terhadap hasil belajar Matematikanya. Orang tua yang memegang peran sebagai pendidik utama bagi anak sudah seharusnya bertanggung jawab dalam mendisiplinkan belajar anak sejak dini. Peran orang tua dalam menumbuhkan disiplin belajar anak di antaranya yaitu mengawasi, mendampingi dan mengatur jadwal belajar, memberi nasihat dan motivasi belajar serta memberikan penghargaan atau hukuman yang mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala, S.Pd. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Orang tua, Disiplin Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:18
Last Modified: 04 Jul 2022 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51630

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum