PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DI SMA/MA

Noviyanti Dwi Astuti, NIM.: 18106070001 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DI SMA/MA)
18106070001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DI SMA/MA)
18106070001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Materi kimia tersusun dari materi yang disajikan secara konkrit dan abstrak sehingga dianggap cukup sulit bagi sebagian besar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Struktur atom, partikel atom, partikel materi, ikatan kimia, dan mekanisme reaksi adalah materi yang abstrak dan sangat teoretis. Materi ini merupakan dasar dari materi lainnya. Tanpa menguasai materi struktur atom, siswa akan kesulitan memahami sifat-sifat unsur atau molekulnya serta keteraturannya dalam tabel periodik. Konsep-konsep dalam struktur atom, seperti penentuan konfigurasi elektron, bilangan kuantum, dan sistem periodik unsur merupakan konsep yang abstrak, sehingga perlu media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media permainan tradisional congklak pada materi konfigurasi elektron .Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan dua peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, tiga guru kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 94,30% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 95,50% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh guru kimia MAN 1 Kulon Progo dan MAN 2 Kulon Progo mendapatkan persentase 94,82% dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan tradisional congklak dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi konfigurasi elektron untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna M.Sc
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Tradisional Congklak, Konfigurasi Elektron.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 10:27
Last Modified: 05 Jul 2022 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum