FI'ALIYYAH ISTIKHDA AL ISTIRATIJIYYAH MUTABAQATAN BI TAQAT AL RAQMI AL QIYASI (INDEX CARD MATCH) FI TARQIYYAH MAHARAT AL QIRA'ATI LI TULLAB AL SAFF AL SABI BI AL MADRASAT AL MUTAWASSITAT AL HUKUMIYYAH 10 SLEMAN TAHUNAJARAN 2018/2019

Rihanatul Fauziah, NIM.: 15420056 (2019) FI'ALIYYAH ISTIKHDA AL ISTIRATIJIYYAH MUTABAQATAN BI TAQAT AL RAQMI AL QIYASI (INDEX CARD MATCH) FI TARQIYYAH MAHARAT AL QIRA'ATI LI TULLAB AL SAFF AL SABI BI AL MADRASAT AL MUTAWASSITAT AL HUKUMIYYAH 10 SLEMAN TAHUNAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FI'ALIYYAH ISTIKHDA AL ISTIRATIJIYYAH MUTABAQATAN BI TAQAT AL RAQMI AL QIYASI (INDEX CARD MATCH) FI TARQIYYAH MAHARAT AL QIRA'ATI LI TULLAB AL SAFF AL SABI BI AL MADRASAT AL MUTAWASSITAT AL HUKUMIYYAH 10 SLEMAN TAHUNAJARAN 2018/2019)
15420056_BAB-1_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FI'ALIYYAH ISTIKHDA AL ISTIRATIJIYYAH MUTABAQATAN BI TAQAT AL RAQMI AL QIYASI (INDEX CARD MATCH) FI TARQIYYAH MAHARAT AL QIRA'ATI LI TULLAB AL SAFF AL SABI BI AL MADRASAT AL MUTAWASSITAT AL HUKUMIYYAH 10 SLEMAN TAHUNAJARAN 2018/2019)
15420056_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman membaca bahasa Arab yang dimiliki oleh siswa-siswi MTsN 10 Sleman dalam memahami teks bacaan karena tidak adanya lingkungan berbahsa maupun media pembelejaran yang aktif dan menyenangkan sehingga minat dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran pun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Membaca bahasa Arab pada siswa kelas 7 MTsN 10 Sleman khususnya dalam memahami teks bacaan dengan menggunakan Strategi Index Card Match dalam pembelajaran keterampilan membaca. Dengan penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab dan meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca. Dalam pelaksanaannya, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi kuantitatif dengan metode penelitian Ekpsperimen. Sampel penelitian terdiri atas 64 siswa, 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Adapun dalam pengumpulan, ada 3 teknik yaitu Observasi langsung, Wawancara dan Test tertulis (Pretest dan Posttest). Untuk mengetahui sejauh mana efektifitas strategi Index Card Match pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab, rumus yang digunakan adalah t-test. Penelitian ini menghasilkan perbedaan perhitungan statistik dalam nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk kelompok eksperimen mencapai rata-rata 81,28 dan kelompok kontrol 76,88. Nilai “t” hitung 2,335 dan "t" tabel 2,042 sehingga "t" hitung lebih besar dari "t" tabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak dan terdapat perbedaan yang signifikan. Dari hasil diatas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi Index Card Match dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab ini efektif sehingga dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa siswa kelas 7 Middle School 10 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi Index Card Match, Keterampilan Membaca Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 11:09
Last Modified: 14 Jul 2022 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum