AL TAFA'UL AL IJTIMA'I FI AL RIWAYAH HIKAYAH ZAHRAH LI HANAN AL SYAIKH (DIRASAH TAHLILIYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH)

Agung Sandi Nurfaisal, NIM.: 15110121 (2022) AL TAFA'UL AL IJTIMA'I FI AL RIWAYAH HIKAYAH ZAHRAH LI HANAN AL SYAIKH (DIRASAH TAHLILIYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL TAFA'UL AL IJTIMA'I FI AL RIWAYAH HIKAYAH ZAHRAH LI HANAN AL SYAIKH (DIRASAH TAHLILIYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH))
15110121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AL TAFA'UL AL IJTIMA'I FI AL RIWAYAH HIKAYAH ZAHRAH LI HANAN AL SYAIKH (DIRASAH TAHLILIYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH))
15110121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Interaksi Sosial dalam Novel Hikayat Zahra Karya Hanan al-Shaykh (Analisis Sosiologi Sastra).” Berkaitan dengan sosial, manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa hidup dalam hubungan dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk mengadakan hubungan dengan individu lain dalam kehidupannya. Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia mengalami sebuah proses sosial yang dinamis. Bentuk umum dari proses sosial adalah interaksi sosial, karena interaksi sosial merupakan syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial. Dalam karya sastra tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat interaksi sosial di dalamnya, termasuk novel. Novel Hikayat Zahra karya Hanan al-Shaykh adalah karya sastra yang mengandung interaksi sosial antar tokoh-tokoh di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk interaksi sosial dan tipe interaksi sosial dalam novel Hikayat Zahra karya Hanan al-Shaykh. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Hikayat Zahra karya Hanan al-Shaykh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca, simak dan catat. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis data secara dialektika. Dengan metode ini peneliti akan mendeskrisikan bentuk interaksi sosial dan tipe interaksi sosial yang terdapat dalam novel Hikayat Zahra karya Hanan al-Shaykh dengan interaksi sosial Georg Simmel. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bentuk interaksi sosial yang terdapat dalam novel Hikayat Zahra, yaitu (1) superordinasi dan subordinasi, adanya ketaatan subordinasi terhadap superordinasi dalam beberapa ruang lingkup, yaitu keluarga, organisasi dan kelompok, (2) konflik, wujud konflik adalah amarah dan kontak fisik dalam ruang lingkup keluarga dan organisasi, (3) pertukaran, yaitu pemberian pekerjaan, (4) hubungan seksual, yaitu adanya hubungan badan dalam hubungan suami istri dan keterpaksaan, dan (5) sosiabilitas, yaitu mendedikasikan diri menjadi sukarelawan. Kemudian mendeskripsikan tipe interaksi sosial, yaitu (1) orang asing, adanya orang yang tidak dikenali, (2) pemboros, adanya penghamburan harta, (3) pengelana, adanya diaspora dari Lebanon ke Afrika, (4) bangsawan, adanya pandangan kelas sosial dalam berinteraksi, dan (5) orang miskin, adanya perbedaan status sosial dengan orang kaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Kanif Anwari, S.Ag. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Georg Simmel, Hikayat Zahra, Hanan al-Shaykh, Sosiologi Sastra.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 13:37
Last Modified: 14 Jul 2022 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum