Pengembangan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra

W. Winarti, - (2018) Pengembangan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4 (2). pp. 89-97.

[img]
Preview
Text (Pengembangan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra)
14. 2698-7922-1-PB.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1657785788.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran sains berbasis kontekstual untuk peserta didik difabel netra dalam setting sekolah inklusi. Model yang dikembangkan ini menjadi sangat penting untuk memfasilitasi kelamahan pembelajaran fisika selama ini untuk peserta didik difabel netra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada langkah pengembangan dari Borg & Gall. Dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg & Gall, pada penelitian ini dibatasi pada tahap validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan model pembelajaran sains kontekstual untuk peserta didik difabel netra dengan nama Model pembelajaran Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD). Model A-CLeD ini memiliki sintak yaitu; (1) Orientasi, (2) Korelasi, (3) Transformasi, (4) Mediasi dan (5) Refleksi. Hasil validasi isi (content validity) terhadap model ini menunjukkan kesimpulan bahwa model ini berkategori baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika untuk peserta didik difabel netra.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sains kontekstual; Difabel Netra; Art of Contextual Learning for Disability (A-CLeD)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Jul 2022 15:15
Last Modified: 14 Jul 2022 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum