AT-TAFA’UL AL-IJTIMA’I FI AR-RIWAYAH RIJALUN FI ASY-SYAMS LI GASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH ADABIYYAH LI GEORG SIMMEL)

Ratna Ayuka Masari, NIM.: 18101010049 (2022) AT-TAFA’UL AL-IJTIMA’I FI AR-RIWAYAH RIJALUN FI ASY-SYAMS LI GASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH ADABIYYAH LI GEORG SIMMEL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AT-TAFA’UL AL-IJTIMA’I FI AR-RIWAYAH RIJALUN FI ASY-SYAMS LI GASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH ADABIYYAH LI GEORG SIMMEL))
18101010049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AT-TAFA’UL AL-IJTIMA’I FI AR-RIWAYAH RIJALUN FI ASY-SYAMS LI GASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH ADABIYYAH LI GEORG SIMMEL))
18101010049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi berjudul “At-Tafā’ul al-Ijtimā’ῑ fῑ ar-Riwāyah Rijālun fῑ asy-Syams Li Gassān Kanafānῑ (Dirāsah Tahlῑliyyah Ijtimā’iyyah Adabiyyah Li Georg Simmel)” ini bertujuan untuk mengkaji dan memaparkan interaksi sosial yang terdapat dalam novel Rijālun fῑ Asy-Syams karya Ghassan Kanafani. Novel Rijālun fῑ Asy-Syams secara umum menggambarkan tentang kondisi sosial masyarakat palestina ketika terjadi peristiwa Nakba. Penelitian ini menggunakan teori milik Georg Simmel yang beranggapan bahwa sosiologi sebagai ilmu pengetahuan harus memiliki tujuan mendeskripsikan, mengklasifikasikan, menganalisis, dan melakukan penyelidikan tentang bentuk hubungan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Salah satu teori yang terkenal dari Georg Simmel adalah teori interaksi sosial. Adapun masalah mendasar yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah apa saja tipe sosial serta bentuk interaksi sosial yang digambarkan oleh pengarang dalam novel Rijālun fῑ Asy-Syams karya Ghassan Kanafani. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka. Sumber data data dalam penelitian terbagi menjadi dua yakni sumber data primer berupa novel berjudul Rijālun fῑ Asy-Syams karya Ghassan Kanafani dan sumber data sekunder berupa sumber data sosiologis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik catat sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis dialektis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat tipe sosial menurut Georg Simmel dalam novel Rijālun fῑ Asy-Syams karya Ghassan Kanafani yakni: orang asing, orang miskin, pengelana, dan orang kikir. Adapun bentuk interaksi sosial menurut Georg Simmel dalam novel Rijālun fῑ Asy-Syams karya Ghassan Kanafani berupa: pertukaran, konflik, dominasi, prostitusi, dan sosiabilita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurain, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial. Novel Rijalun fi Asy-Syams. Sosiologi Sastra.
Subjects: Kesusastraan Arab
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2022 08:21
Last Modified: 23 Sep 2022 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52790

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum