ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) PADA APLIKASI SIMBA BAZNAS INDONESIA

Setyo Pinasti, NIM.: 1810804060063 (2022) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) PADA APLIKASI SIMBA BAZNAS INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) PADA APLIKASI SIMBA BAZNAS INDONESIA)
18108040063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) PADA APLIKASI SIMBA BAZNAS INDONESIA)
18108040063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi merupakan alat yang digunakan manajemen untuk pengendalian jangka pendek dan jangka panjang, sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan strategis sehingga memperoleh keuntungan yang lebih besar Sistem dapat dikatakan memiliki tingkat usability yang tinggi apabila pengguna bisa memperoleh apa yang mereka butuhkan dan mengerti dengan sistem tersebut. BAZNAS Indonesia menerapkan sistem informasi untuk membantu proses penghimpunan dan pelaporan yaitu SIMBA. Saat ini, terdapat beberapa kendala dalam mengakses sistem tersebut. Kendala tersebut berasal dari beberapa kekurangan yang dimiliki oleh sistem tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada SIMBA, mengetahui tingkat usability nya, dan memberikan rekomendasi perbaikan SIMBA. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan menyebar quesioner online (google form) berupa 10 pertanyaan SUS kepada 50 responden dalam populasi. Hasil yang diperoleh adalah SIMBA memiliki skor SUS sebesar 70 yang berarti bahwa SIMBA sudah acceptable namun masih marjinal, memiliki skala nilai C dan memiliki rating OK atau baik serta nilai percentile rank berada pada nilai 57. Pada identifikasi masalah diketahui bahwa SIMBA memiliki sistem yang rumit dan perlu mempelajari banyak hal sebelum menggunakan SIMBA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dinik Fitri Rahajeng Pangestuti, SE.,M.Ak
Uncontrolled Keywords: SIMBA; sistem informasi; system usability scale; usability
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 11:45
Last Modified: 22 Sep 2022 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53002

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum