PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-SCRAPBOOK MATERI BANGUN RUANG DAN STATISTIKA KELAS V SD/MI

Khoirunisa Ayuningtyas, NIM.: 17104080046 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-SCRAPBOOK MATERI BANGUN RUANG DAN STATISTIKA KELAS V SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-SCRAPBOOK MATERI BANGUN RUANG DAN STATISTIKA KELAS V SD/MI)
17104080046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-SCRAPBOOK MATERI BANGUN RUANG DAN STATISTIKA KELAS V SD/MI)
17104080046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan kegiatan belajar dilaksanakan dari rumah masing-masing. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengembangan media pembelajaran berbasis e-scrapbook materi bangun ruang dan statistika kelas V SD/MI serta mengetahui kelayakan media yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta respon dari pendidik dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan ini menggunakan model pengembangan level 1 (meneliti tanpa menguji) menurut Sugiyono. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert untuk melakukan validasi kepada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta respon pendidik, dan menggunakan skala Guttman untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Uji coba dilakukan kepada 22 peserta didik kelas V SD/MI. Data yang diperoleh yakni merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari pengumpulan data kemudian di jumlahkan dan dipersentasekan berdasar kategori kelayakan media yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis e-scrapbook memiliki karakteristik berbasis media digital pada ponsel yang di desain menggunakan Canva dan dimodifikasi menggunakan Flip PFD Professional, produk ini divalidsai oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa memperoleh rata-rata 85,1% termasuk kategori sangat layak. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata-rata persentase skor mencapai 93,4% termasuk kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Scrapbook Materi Bangun Ruang dan Statistika Kelas V SD/MI telah memenuhi standar dan layak dijadikan salah satu media pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Scrapbook, Bangun Ruang dan Statistika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 14:00
Last Modified: 22 Sep 2022 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53299

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum