EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ISLAM KEMUJA BANGKA

Ikhwan Padhil, NIM.: 15420083 (2022) EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ISLAM KEMUJA BANGKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ISLAM KEMUJA BANGKA)
15420083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ISLAM KEMUJA BANGKA)
15420083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan kurikulum 2013 bahasa Arab di dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Ponpes Al-Islam Kemuja. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pengumpul data. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian, tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Ponpes Al-Islam kemuja adalah mampu menguasai dan mampu berkomunikasi bahasa Arab dengan baik dan benar. Materi pembelajaran diadopsi dari materi bahasa Arab Pondok Pesantren Gontor. Metode yang digunakan yaitu metode langsung dan evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Kurikulum 2013 bahasa Arab merupakan kurikulum yang telah ditetapkan oleh Lembaga Kemenag hanya ditetapkan sebagai acuan dalam pembelajaran di Lembaga Madrasah-Madrasah yang berbasiskan keagamaan Islam di bawah naungan Kemenag itu sendiri. Kurikulum 2013 bahasa Arab memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Kelebihan kurikulum 2013 bahasa Arab adalah memudahkan santri dalam memahami materi dan memberikan wawasan yang lebih luas, serta melatih para santri belajar mandiri dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Kelemahan kurikulum 2013 bahasa Arab adalah menimbulkan kesulitan bagi santri dalam memahami materi pelajaran yang berkorelasi dan minimnya kosakata akan menghambat proses pembelajaran mata pelajaran yang berkorelasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S. S., M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Madrasah, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:49
Last Modified: 17 Oct 2022 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum