PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PAI KELAS VIII SMP N 2 BAMBANGLIPURO BANTUL

Rahma Diana Sayidah, NIM.: 18104010050 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PAI KELAS VIII SMP N 2 BAMBANGLIPURO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PAI KELAS VIII SMP N 2 BAMBANGLIPURO BANTUL)
18104010050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PAI KELAS VIII SMP N 2 BAMBANGLIPURO BANTUL)
18104010050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah saat ini masih banyak guru PAI yang menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa pasif. Perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu guru untuk membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Kahoot merupakan media pembelajaran berbasis game yang melibatkan siswa berperan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kahoot dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan desain penelitian Quasi experiment pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalistas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini adalah: 1) Media pembelajaran kahoot dalam penelitian ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar PAI Siswa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penelitian ini menjadi tidak signifikan diantaranya adalah siswa masih berdaptasi dengan kahoot sehingga penggunaan kahoot belum maksimal, siswa terbiasa dengan model pembelajaran yang terpusat pada guru sehingga kahoot tidak memberikan dampak yang maksimal dalam penelitian ini alasan selanjutnya adalah siswa merasa bahwa angket ini tidak berpengaruh dengan nilai, sehingga siswa mengisi angket dengan jawaban yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. 2)Perbedaan nilai keaktifan belajar antara kelas kontrol dan eksperimen hanya sebesar 3,3 %. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,012 > 0,05. Sehingga media pembelajaran kahoot memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keaktifan belajar PAI kelas VIII SMP N 2 Bambanglipuro

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mohamad Agung Rokhimawan,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kahoot, Keaktifan Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 10:38
Last Modified: 07 Nov 2022 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum