UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI ELABORASI (REVIEW, SELF-QUEST, CLARIFICATION)

USWATUN CHASANAH - NIM. 05460035 (2011) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI ELABORASI (REVIEW, SELF-QUEST, CLARIFICATION). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI ELABORASI (REVIEW, SELF-QUEST, CLARIFICATION))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI ELABORASI (REVIEW, SELF-QUEST, CLARIFICATION))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui peningkatan aktiviatas siswa setelah diterapkannya strategi elaborasi (review, self--quest, clarification) dan pengajuan masalah menggunakan bantuan modul berilustrasi gambar pokok bahasan energi dan daya listrik. @) Mengetahui peningkatan prestasi siswa dalam proses pembelajaran dengan diterapkannya strategi elaborasi (review, self--quest, clarification) dan pengajuan masalah menggunakan modul berilustrasi gambar pada pokok bahasan energi dan daya listrik. Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/CAR), yang meliputi proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IX A MTsN LAB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun pelajaran 2009/2010 semester ganjil yang berjumlah 38 siswa. Keberhasilan pembelajaran ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses meliputi peningkatan sikap dan keterampilan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan didukung oleh angket. Keberhasilan produk berupa peningkatan prestasi, yaitu kemampuan siswa dalam mengerjakan soal pretest dan postest. Data penelitian ini diperoleh dari nilai pretest, postest dan aktivitas siswa yang kemudian dianalisis dengan analisis kuantitatif dan ditarik kesimpulan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi elaborasi (review, self--quest, clarification) dan pengajuan masalah menggunakan bantuan modul berilustrasi gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika pokok bahasan energi dan daya listrik pada siswa kelas IX A MTsN LAB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas siswa dimana rata-rata prosentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69,72%, rata-rata persentase aktivitas siswa siklus II yaitu 15,14%. 2) Penerapan strategi elaborasi (review, self--quest, clarification) dan pengajuan masalah menggunakan bantuan modul berilustrasi gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran fisika pokok bahasan energi dan daya listrik pada siswa kelas IX A MTsN LAB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest ke postest Siklus I yaitu 48,55 meningkat menjadi 60,13.nilai rata-rata pretest ke postest Siklus II yaitu 57,76 meningkat menjadi 69,48. Ketuntasan belajar siswa dari pretest ke postest Siklus I juga meningkat dari 0,00% menjadi 18,42%, pada siklus II juga meningkat dari 36,84% menjadi 84,21%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, strategi elaborasi, modul berilustrasi gambar, aktivitas, prestasi
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Mar 2024 13:41
Last Modified: 22 Mar 2024 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum