STRATEGI PUSTAKAWAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI GLAGAH JANTURAN YOGYAKARTA

ANUGRAH PRAMANA - NIM.06140025, (2011) STRATEGI PUSTAKAWAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI GLAGAH JANTURAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi pustakawan dalam menumbuhkan minat baca siswa di SD negeri Glagah, Janturan, Yogyakarta, dan (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi pustakawan SD Negeri Glagah, Janturan, Yogyakarta dalam menumbuhkan minat baca siswa. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di perpustakaan SD Negeri Glagah, Janturan, Yogyakarta. Subjek penelitian antara lain, kepala sekolah yaitu Dra. Pujiastuti, (2) pustakawan SD Negeri Glagah, Janturan, Yogyakarta yaitu, Zulfah Nur'aini dan (3) Guru kelas sebanyak 2 orang, yaitu Umi Salamah dan Martini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa strategi pustakawan dalam menumbuhkan minat baca siswa di SD Negeri Glagah, Janturan, Yogyakarta meliputi (1) mengadakan jam wajib kunjung perpustakaan untuk semua kelas SD Negeri Glagah, (2) pelayanan pembaca dan peminjam dengan sistem komputerisasi dan berbasis perpustakaan digital, (3) peningkatan koleksi yang lebih menarik dan terbaru serta sarana dan prasarana perpustakaan, (4) menjadikan ruang perpustakaan yang nyaman dan menarik layaknya tempat bermain anak-anak supaya siswa-siswa lebih betah di perpustakaan, (5) kolaborasi antara kepala sekolah, guru kelas dan pustakawan, serta (6) pengembangan minat baca dengan cara mengadakan berbagai kegiatan yang dipusatkan di perpustakaan sekolah seperti lomba lukis, jam wajib kunjung, dan penulisan resensi buku. Kendala utama yang dihadapi pustakawan SD Negeri Glagah, Jnaturan, Yogyakarta dalam menumbuhkan minat baca adalah waktu kunjungan yang sangat terbatas. Kendala ini dapat dihadapi melalui kerja sama yang baik antara pustakawan, guru kelas, dan kepala sekolah. Saran yang diberikan untuk SD Negeri Glagah yaitu menambah jam wajib kunjung perpustakaan untuk semua kelas. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Umar Sidik, S.I.P., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: perpustakaan, sekolah, minat baca
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Jul 2012 20:17
Last Modified: 13 Oct 2015 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum