NILAI-NILAI KEIMANAN DALAM MEDIA SOSIAL (ANALISIS RESEPSI PENGIKUT AKUN YOUTUBE KISAH TANAH JAWA)

Mahdy Perwira Utama, NIM.: 17102010036 (2022) NILAI-NILAI KEIMANAN DALAM MEDIA SOSIAL (ANALISIS RESEPSI PENGIKUT AKUN YOUTUBE KISAH TANAH JAWA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KEIMANAN DALAM MEDIA SOSIAL (ANALISIS RESEPSI PENGIKUT AKUN YOUTUBE KISAH TANAH JAWA))
17102010036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KEIMANAN DALAM MEDIA SOSIAL (ANALISIS RESEPSI PENGIKUT AKUN YOUTUBE KISAH TANAH JAWA))
17102010036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi sebagai media komunikasi berkembang seiring zaman, kini berbagai niche media sosial pun tersedia. Youtube sebagai media sosial berbasis video dengan audiens digital lekat pada varian model tayangan. Kentalnya nuansa keagamaan terlebih Islam di Indonesia, keseharian khalayak meneladani nilai-nilai keimanan dalam kepercayaannya (Syariat Islam). Spesifik sajian konten tayangan mistis pun menjadi pilihan hiburan dari media mainstream hingga digital (Youtube). Channel Youtube Kisah Tanah Jawa, satu saluran penyedia tayangan mistis yang diminati khalayak maya dengan model tayangan berupa penalaran dan cerita penelusuran baik situs mistis maupun fenomena supranatural di kawasan Pulau Jawa. Oleh karena itu, peneliti ingin memahami respon khalayak memaknai pesan terkait nilai-nilai keimanan dalam tayangan mistis Youtube Kisah Tanah Jawa. Demi mendapat pemahaman respon terkait, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif disertai pendekatan metode analisis resepsi melalui diskusi terfokus (FGD) sebagai media dalam memahami proses penerimaan pesan khalayak atas konten tayangan dengan ketentuan kriteria narasumber sebagai peserta diskusi. Penggunaan analisis resepsi ditujukan memperoleh pemahaman respon atau decoding khalayak secara utuh, sebagai bentuk pendalaman maka penelitia menuliskan pengkajian secara deskriptif. Resepsi khalayak digolongkan dalam tiga kategori pemaknaan, yakni; (1) Hegemonic Reading Position, (2) Negotiated Reading Position, (3) Oppositional Reading Position. Adapun hasil penelitian yang berhasil ditemukan dua posisi pemaknaan terkait nilai-nilai keimanan dalam konten tayangan mistis channel Youtube Kisah Tanah Jawa. Pertama, Hegemonic Reading Position – Khalayak menyepakati kandungan nilai terkait diterima baik secara langsung maupun tidak dalam konten tayangan dengan varian sudut pandang bersumber pada preferensi individu sebagai bentuk penguatan resepsi kolektif. Kedua, Negotiated Reading Position – khalayak menyepakati konten tayangan mistis sebagai sarana hiburan yang edukatif dan informatif tentang keimanan berbasis supranatural namun muatan kontennya terdapat batasan berupa pemahaman khalayak pada Syariat Islam. Kecenderungan perbedaan pendapat posisi negosiasi dapat dikompromikan, penerimaan pesan dengan nilai keimanan dalam konten mistis ini menjadi penyempurna sekaligus wawasan baru khalayak dalam merespon sesuatu. Demikian kesimpulan berupa penerimaan pesan khalayak perlu berimbang dilandasi keimanan pada syariat islam dan konten tayangan mistis channel Youtube Kisah Tanah Jawa memuat pesan nilai-nilai keimanan dan bernuansa islami memiliki penerimaan yang cukup baik, disampaikan secara naratif didukung simbol, teks, gestur dan praktik supranatural agar relevan dengan unsur mistis sebagai segmentasi tayangan terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Akhmad Rifa’i, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: analisis resepsi; media sosial; youtube; keimanan; Kisah Tanah Jawa
Subjects: Penyiaran Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Feb 2023 14:13
Last Modified: 03 Feb 2023 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55846

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum