MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA MATERI MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KELOMPOK B DI TK PUTRA BANGSA KARANGGEDE KECAMATAN ARJOSAR

Hidaayatun Naafiah, NIM.: 16430040 (2022) MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA MATERI MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KELOMPOK B DI TK PUTRA BANGSA KARANGGEDE KECAMATAN ARJOSAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA MATERI MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KELOMPOK B DI TK PUTRA BANGSA KARANGGEDE KECAMATAN ARJOSAR)
16430040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA MATERI MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KELOMPOK B DI TK PUTRA BANGSA KARANGGEDE KECAMATAN ARJOSAR)
16430040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia Pendidikan anak usia dini salah satu aspek yang harus dikembangkan adalah aspek kognitif anak. Aspek ini berkaitan dengan kemampuan pemahaman anak mengenai suatu hal. Perkembangan kognitif dimaknai supaya anak memiliki kemampuan dalam melakukan eksplorasi terkait lingkungannya serta penyerapan informasi menggunakan panca indra yang dimiliki. Hal tersebut menjadi latar belakang peneliti untuk mengkaji mengembangkan kognitif anak mengenal geometri dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran mengenal geometri dengan menggunakan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan kognitif anak usia dini kelompok B TK Putra Bangsa Pacitan, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kognitf anak mengenal geometri kelompok B TK Putra Bangsa Pacitan setelah dilakukan tindakan menggunakan model pembelajaran make a match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah 2 siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi Alat pengumpulan data terdiri dari observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasi dan tes. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data observasi dan tes berdasarkan penyajian tabel dan presentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini mengunakan rumus yang dikembangkan oleh Zainal Aqib. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap pelaksanaan siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dengan tema air, api, dan udara. Kegiatan dikelompokkan menjadi kegiatan awal (ice breaking), inti (materi geometri), akhir (recalling). Kemudian tahap pelaksanaan siklus II juga dilakukan tiga kali pertemuan dengan tema sumber kehidupan. Kegiatan dikelompokkan menjadi kegiatan awal (ice breaking), inti (materi geometri), akhir (recalling). (2) perkembangan kognitif anak pada materi mengenal bentuk geometri meningkat setelah adanya tindakan melalui model pembelajaran make a match. Pada saat dilakukan Siklus I sebesar 70% dan pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 88%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Pembelajaran Geometri, Model Pembelajaran Make a Match.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:05
Last Modified: 08 Feb 2023 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum