PENERAPAN METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TAJWID MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IVB MI NURUL UMMAH KOTAGEDE

Nur Rohmah, NIM.: 18104080081 (2022) PENERAPAN METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TAJWID MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IVB MI NURUL UMMAH KOTAGEDE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TAJWID MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IVB MI NURUL UMMAH KOTAGEDE)
18104080081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TAJWID MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IVB MI NURUL UMMAH KOTAGEDE)
18104080081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Reading Aloud Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tajwid Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IVB MI Nurul Ummah Kotagede. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IVB MI Nurul Ummah Kotagede yang berjumlah 20 siswa, guru pengampu mata pelajaran al-Qur’an hadits, dan wali kelas IVB. Penelitian ini terdili dari 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang terdiri dari Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi, RPP, kisi-kisi soal dan lembar soal tes. Metode pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, tes yang dilakukan disetiap akhir siklus dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu dilihat dari persentase hasil belajar siswa kelas IVB yang mencapai 80% dari nilai KKM yang telah ditentukan Madrasah (70). Hasil belajar siswa kelas VIB pada materi tajwid mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan berupa penerapan metode Reading Aloud, sebelum dilakukannya tindakan presentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 35% dengan rata-rata nilai 67,8 setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 mengalami kenaikan, presentase ketuntasannya 72,2% dengan rata-rata nilai 77,8, kemudian setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali, presentase ketuntasan menjadi 80% dengan rata-rata nilai 83,4 dan telah memenuhi kriteria ketuntasan yang diinginkan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Reading Aloud dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tajwid mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IVB MI Nurul Ummah Kotagede.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tajwid, al-Qur’an Hadits, Reading Aloud
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 09:55
Last Modified: 09 Feb 2023 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum