PENERAPAN THARIQAH MUBASYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SANTRIWATI KELAS VII C PONDOK PESANTREN RAUDHATUS SALAAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021-2022

Sofia Rif’atul Maftuhah, NIM.: 18104020080 (2022) PENERAPAN THARIQAH MUBASYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SANTRIWATI KELAS VII C PONDOK PESANTREN RAUDHATUS SALAAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021-2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN THARIQAH MUBaSYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SANTRIWATI KELAS VII C PONDOK PESANTREN RAUDHATUS SALAAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021-2022)
18104020080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN THARIQAH MUBaSYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SANTRIWATI KELAS VII C PONDOK PESANTREN RAUDHATUS SALAAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021-2022)
18104020080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan Thariqah Mubasyarah dalam pembelajaran bahasa Arab serta untuk mengetahui problematika dan solusi apa saja yang terjadi dalam penerapan Thariqah Mubasyarah pada pembelajaran bahasa Arab santriwati kelas VII C Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Yogyakarta. Oleh karena nya, penelitian ini di latar belakangi berdasarkan kurangnya kemampuan berbahasa Arab santriwati ketika pembelajaran bahasa Arab karena kurang tepat nya metode pembelajaran yang digunakan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meminta santriwati untuk menirukan dialog dan membuat kalimat bahasa Arab secara lisan dengan tepat dan benar. Karena berdasarkan salah satu faktor penghambat yang peneliti temukan, yaitu kurangnya mufradat bahasa Arab yang dikuasai. Sehingga dalam hal ini, Thariqah Mubâsyarah menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (Field research) yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, maka peneliti melakukan penelitian di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Yogyakarta dengan jumlah intensitas pertemuan sebanyak dua kali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Thariqah Mubasyarah pada pembelajaran bahasa Arab santriwati di Kelas VII C Pondok Pesantren Rhaudatus Salaam Yogyakarta secara benar dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai pretest dan postest yang telah dilakukan pada penelitian ini. Selain itu, dengan adanya Thariqah Mubâsyarah dapat menjadikan proses pembelajaran jadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; Thariqah Mubasyarah (metode langsung); Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:29
Last Modified: 17 Feb 2023 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56375

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum