FENOMENA PEMBACAAN AL-QUR’AN TRANSLITERASI (STUDI KASUS JAMAAH DI MASJID AL-AMIEN GOWONGAN JETIS YOGYAKARTA)

Mohammad Iqbal Syaifullah, NIM.: 18105030094 (2022) FENOMENA PEMBACAAN AL-QUR’AN TRANSLITERASI (STUDI KASUS JAMAAH DI MASJID AL-AMIEN GOWONGAN JETIS YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FENOMENA PEMBACAAN AL-QUR’AN TRANSLITERASI (STUDI KASUS JAMAAH DI MASJID AL-AMIEN GOWONGAN JETIS YOGYAKARTA))
18105030094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA PEMBACAAN AL-QUR’AN TRANSLITERASI (STUDI KASUS JAMAAH DI MASJID AL-AMIEN GOWONGAN JETIS YOGYAKARTA))
18105030094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Transliterasi Al-Qur’an digunakan sebagai alat alternatif bagi sebagian masyarakat yang belum mampu membaca al-Qur’an dalam aksara Arab, dimana dalam praktiknya transliterasi al-Qur’an cukup banyak digunakan di lingkungan masyarakat, pengguna al-Qur’an transliterasi merupakan golongan dari masyarakat yang muallaf, usia lanjut dan juga masyarakat yang awam dengan agama. Ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat tidak bisa membaca al-Qur’an, maka perlu upaya untuk mengalihkan dari aksara arab ke huruf bahasa Indonesia. Dari sini kemudian muncul transliterasi al-Qur’an sebagai alat bantu bagi sebagian masyarakat yang tidak bisa membaca al-Qur’an dengan aksara arab. Dengan melihat fenomena di atas maka Penelitian ini membahas tentang fenomena penggunaan transliterasi dalam membaca al-Qur’an, sebagai fokus penelitian penulis mengambil di masjid al-Amien kelurahan Gowongan Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Mengapa masyarakat Gowongan membaca al-Qur’an menggunakan transliterasi ? (2) Apa saja problematika para jamaah masjid al-Amien Gowongan yang menggunakan al- Qur’an transliterasi ? Yang dalam hal ini lebih difokuskan pada dampak pada masyarakat yang menggunakan al-Qur’an transliterasi. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau (field research) dengan jenis penelitian kualitatif, adapun metode ataupun teknik pengumpulan data yaitu dengan cara, wawancara, observasi dan juga dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan pada rumusan masalah yang sudah di kemukakan di atas maka hasil penelitian ini adalah : Pertama, bahwa masyarakat Gowongan adalah masyarakat yang memiliki kesadaran yang rendah dan problematika terbesar sebagian warga Gowongan tidak bisa membaca al-Qur’an dengan aksara Arab, karena merasa malu dan merasa terlambat untuk belajar membaca al-Qur’an menggunakan aksara Arab dan minim nya para pengajar al-Qur’an di lingkungan sekitar. Kedua, Adapun dampak masyarakat menggunakan transliterasi al-Qur’an. penulis membagi menjadi dua macam dampak posistif dan dampak negatif. Pertama, dampak positifnya yaitu memberikan kemudahan sebagai alat bantu dalam membaca al-Qur’an bagi para pengguna yang sebelumnya belum cukup mengenal huruf Arab dan menjadikan translliterasi al-Qur’an sebagai alat bantu dalam membaca al-Qur’an. Kedua, dampak negatifnya yaitu membuat para pengguna menjadi ketergantungan terhadap transliterasi dan membuat kurangnya minat masyarakat untuk belajar al-Qur’an dengan menggunakan aksara arab. Dari sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa pentingnya bimbingan intensif dan talaqi musyafahah secara langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Aida Hidayah,S. Th.I., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur’an, Transliterasi Al-Qur’an, Penyusunan Mushaf Al-Quran
Subjects: al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Feb 2023 16:06
Last Modified: 23 Feb 2023 16:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum