PERAN KEBERAGAMAAN DALAM MENGATASI FEAR OF MISSING OUT DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS MAHASISWA STUDI AGAMAAGAMA UIN SUNAN KALIJAGA 2018

Sabrina Zahra Afifanisa, NIM.: 18105020056 (2022) PERAN KEBERAGAMAAN DALAM MENGATASI FEAR OF MISSING OUT DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS MAHASISWA STUDI AGAMAAGAMA UIN SUNAN KALIJAGA 2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEBERAGAMAAN DALAM MENGATASI FEAR OF MISSING OUT DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS MAHASISWA STUDI AGAMAAGAMA UIN SUNAN KALIJAGA 2018)
18105020056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEBERAGAMAAN DALAM MENGATASI FEAR OF MISSING OUT DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS MAHASISWA STUDI AGAMAAGAMA UIN SUNAN KALIJAGA 2018)
18105020056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fear of Missing Out dalam media sosial merupakan rasa kecemasan atau kehawatiran di saat seseorang memiliki pengalaman yang berharga yang tidak dapat ditinggalkan karena adanya dorongan untuk tetap terhubung dengan orang lain di media sosial dan dapat dicirikan dengan adanya kecenderungan agar tetap terhubung dengan orang lain di media sosial. Mahasiswa termasuk pengguna terbanyak dalam mengakses media sosial pada saat ini, dan salah satunya mahasiswa prodi Studi Agama-agama UIN Sunan Kalijaga tahun 2018 yang memiliki kecenderungan terhadap media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research yang menggunakan metode kualitatif deksriptif menggunakan data primer dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan pendekatan Psikologi Agama serta pisau analisis menggunakan teori dari ilmuwan yang bernama C. G Jung mengenai faktor individuasi dan arketip. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk Fear of Missing Out serta menjawab dua rumusan masalah dalam penelitian, yaitu:1) Bagaimana fenomena FoMO yang dialami mahasiswa Studi Agama-agama UIN Sunan Kalijaga 2018. 2) Bagaimana peran keberagamaan dalam mengatasi FoMO (Fear of Missing Out) di Media Sosial Studi Kasus pada mahasiswa Studi Agama-agama UIN Sunan Kalijaga 2018. Hasil penelitian ini menggambarkan sebagian mahasiswa Studi Agama-agama UIN Sunan Kalijaga yang mengalami Fear of Missing Out terhadap media sosial. Pada nyatanya dampak yang dihasilkan oleh mahasiswa Studi Agama-agama menunjukan adanya adiksi dalam bermedia sosial dan rasa iri atas pencapain orang lain dari media sosial. Kemudian menjadikan agama berperan sebagai solusi dalam mengatasi Fear of Missing Out yakni dengan perlunya rasa bersyukur terhadap pencapaian hidup dan meningkatkan kualiatas beribadah dengan sholat dan berdo’a.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Khodijah Nurul Aula, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out (FoMO); PTAIN; media sosial; mahasiswa
Subjects: Media Sosial
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Mar 2023 09:50
Last Modified: 01 Mar 2023 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56747

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum