PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Mairulliana Rosida, NIM.: 06680007 (2010) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
06680007 BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
06680007 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk quasi exsperiment dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penetapan kelas eksperimen dengan kelas kontrol dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan adalah angket kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan kognitif terhadap metode pembelajaran yang dikembangkan. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan analisis Uji-t untuk menghitung adatidaknya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa menunjukan nilai F hitung 10,058 dengan signifikan 2-tailed 0,002. Berarti hal tersebut, menunjukan terdapat pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Sementara itu, hasil Uji-t kemampuan kognitif siswa diperoleh nilai F hitung 2,690 dengan signifikan 2-tailed 1,06, berarti hal tersebut menunjukan tidak ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran SAVI terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Selain itu, berdasarkan hasil angket yang diberikan menunjukan adanya respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran SAVI. Bertitik tolak dari penelitian ini maka dalam pembelajaran IPA Biologi guru diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran SAVI dengan melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar yaitu kemampuan afektif dan kemampuan psikomorik siswa jika pembelajaran dilakukan dengan melalui metode pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuni Wibowo M.Pd
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran SAVI; berpikir kritis; kemampuan kognitif; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Mar 2023 09:13
Last Modified: 14 Mar 2023 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum