PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN APERSEPSI IPA BAHAN KAJIAN MATERI DAN SIFATNYA SMP/MTS KELAS VII BERDASARKAN STANDAR ISI

Amin Rosadi, NIM.: 07670021 (2011) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN APERSEPSI IPA BAHAN KAJIAN MATERI DAN SIFATNYA SMP/MTS KELAS VII BERDASARKAN STANDAR ISI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN APERSEPSI IPA BAHAN KAJIAN MATERI DAN SIFATNYA SMP/MTS KELAS VII BERDASARKAN STANDAR ISI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN APERSEPSI IPA BAHAN KAJIAN MATERI DAN SIFATNYA SMP/MTS KELAS VII BERDASARKAN STANDAR ISI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku pedoman apersepsi IPA bahan kajian materi dan sifatnya SMP/MTs kelas VII yang baik sesuai dengan kriteria kualitas buku pedoman apersepsi yang telah ditentukan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan meneliti kualitas buku pedoman apersepsi yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik IPA bahan kajian materi dan sifatnya SMP/MTs kelas VII. Penyusunan buku pedoman apersepsi ini diawali dengan analisis kebutuhan di sekolah menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE, analisis standar isi, serta mengumpulkan referensi dari berbagai sumber. Pembuatan buku pedoman apersepsi IPA bahan kajian materi dan sifatnya SMP/MTs kelas VII berdasarkan standar isi. Buku Pedoman Apersepsi (BPA) yang telah dibuat diberi masukan peer reviewer, ahli media dan ahli materi kemudian dilakukan perbaikan. Kualitas buku pedoman apersepsi dinilai oleh 7 orang pendidik kimia SMP/MTs kelas VII sesuai dengan kriteria kualitas buku pedoman apersepsi dalam lembar check list. Hasil penelitian ini berupa buku pedoman apersepsi IPA bahan kajian materi dan sifatnya SMP/MTs kelas VII yang memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 83,04 % menurut penilaian pendidik IPA bahan kajian materi dan sifatnya SMP/MTs kelas VII. Dilihat dari kualitas buku apersepsi yang didapat yaitu Baik (B), maka buku pedoman apersepsi tersebut dapat digunakan sebagai sumber acuan dalam pembelajaran IPA bahan kajian materi dan sifatnya SMP/MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Shidiq Premono S.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan IPA, Buku Pendidikan, Apersepsi, Buku Pedoman Guru
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 11:28
Last Modified: 15 Mar 2023 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum