PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MATERI POKOK KOLOID DI SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011

Mafrokhatun Nasihah, NIM.: 07670037 (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MATERI POKOK KOLOID DI SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MATERI POKOK KOLOID DI SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MATERI POKOK KOLOID DI SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Bantul dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tornaments (TGT). Penerapan materi pembelajaran yaitu pada materi pokok koloid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA yang berjumlah 28 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi belajar siswa yang diperoleh dari angket motivasi belajar siswa dari siklus I, siklus II, dan siklus III dan data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil angket motivasi belajar kimia siswa dan hasil tes siswa dari siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III. Pada siklus I, persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar kimia siswa adalah 78,14%. Sedangkan pada siklus II, persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar kimia siswa adalah 81,19%, dan pada siklus III persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar kimia siswa adalah 89,19%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas dari hasil tes adalah 64,05. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas dari hasil tes adalah 70,24. Sedangkan pada siklus III, nilai rata-rata kelas dari hasil tes adalah 77,04.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Panji Hidayat, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT), Motivasi Belajar Kimia Siswa, Hasil Belajar Kimia Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 11:36
Last Modified: 15 Mar 2023 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum