PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR DAN LOCUS OF CONTROL SISWA (Studi Analisis pada Siswa Kelas XII MAN 3 Klaten)

Arfa’ni Darojatun, NIM.: 19102020036 (2023) PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR DAN LOCUS OF CONTROL SISWA (Studi Analisis pada Siswa Kelas XII MAN 3 Klaten). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR DAN LOCUS OF CONTROL SISWA (Studi Analisis pada Siswa Kelas XII MAN 3 Klaten))
19102020036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR DAN LOCUS OF CONTROL SISWA (Studi Analisis pada Siswa Kelas XII MAN 3 Klaten))
19102020036__BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Siswa dapat dikatakan siap dalam membuat keputusan karir jika pengetahuannya mengenai karir didukung oleh informasi yang akurat tentang pekerjaan berdasarkan eksplorasi diri yang telah dilakukan. Membuat perencanaan karir tidak hanya dari pengetahuan maupun keterampilan kerja yang didapat pada masa pembelajaran di sekolah melainkan dapat pula dari pengetahuan dan pemahaman mengenai diri sendiri yang mencakup tentang pendapat dirinya sendiri, pendapat tentang gambaran dirinya di mata orang lain, dan pendapat tentang hal-hal yang diperolah dirinya baik karir maupun pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas bimbingan klasikal dalam meningkatkan perencanaan karir dan locus of control pada siswa kelas XII MAN 3 Klaten. Subjek penelitiannya adalah guru BK MAN 3 Klaten dan objeknya adalah siswa kelas XII MAN 3 Klaten tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif komparatif dengan metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sejumlah 42 siswa. Hasil analisis data menggunakan teknik analisis paired-sample T test (uji T sampel berpasangan) dan sign test (Uji Tanda). Hasil analisis paired-sample T test dari variabel perencanaan karir yang menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0.002 < 0.05 yang dapat diartikan bahwa H0 ditolak sehingga Ha diterima. Hal ini didukung oleh hasil analisis sign test (uji tanda) dari Locus of Control yang menunjukkan nilai mean Locus of Control mengalami perubahan atau kenaikan yaitu nilai pretest 67.29 dan posttest 67.79, maka bimbingan klasikal tetap direkomendasikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui bimbingan klasikal perencanaan karir dan locus of control pada siswa MAN 3 Klaten dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Arya Fenda Ibnu Shina, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: bimbingan klasikal; perencanaan karir; locus of control
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Mar 2023 13:44
Last Modified: 17 Mar 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum