STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN LATAR BELAKANG LULUSAN DI MTsN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023

N.S Lubbi Abdur Rahman Wakhid, NIM.: 19104010015 (2023) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN LATAR BELAKANG LULUSAN DI MTsN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN LATAR BELAKANG LULUSAN DI MTsN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN LATAR BELAKANG LULUSAN DI MTsN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah terdapat perbedaan dalam pembelajaran agama Islam. Pada Madrasah Ibtidaiyah bahan kajian yang dipelajari terdiri dari Al-Qur’anْۗ Hadits,ْۗ Aqidahْۗ Akhlak,ْۗ Fikih,ْۗ Sejarahْۗ Kebudayaan Islam serta Bahasa Arab. Sedangkan dalam Sekolah Dasar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak terperinci sebagaimana pada Madrasah Ibtidaiyah. Tentu dengan adanya perbedaan tersebut terdapat juga perbedaan alokasi waktu antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD dan MI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan hasil belajar Fikih berdasarkan latar belakang lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini bertempat di MTsN 2 Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi (nilai hasil ujian semester satu). Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis statistic yaitu uji t-test (independent samples test) dengan bantuan aplikasi SPSS yang bertaraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Fikih siswa berdasarkan latar belakang lulusan SD yang tuntas KKM sebesar 201 siswa dan yang tidak tuntas 46 siswa. Sedangkan hasil belajar Fikih siswa berdasarkan latar belakang lulusan MI yang tuntas KKM sebesar 165 dan yang tidak tuntas 36 siswa. Setelah diuji perbandingan mendapatkan sebuah kesimpulan yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Fikih berdasarkan latar belakang lulusan SD dan MI. hasil ini dibuktikan dengan perolehan Uji-T dimana nilai signifikansi mendapatkan 0,095 lebih tinggi > dari pada nilai probabilitas 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Fikih, Latar Belakang Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hukum Islam > Fiqih
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 08:58
Last Modified: 22 May 2023 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58764

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum