EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGERASI ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Zainul Afifah, NIM.: 19104060002 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGERASI ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGERASI ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
19104060002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGERASI ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
19104060002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar kimia siswa rendah adalah perkembangan teknologi yang belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh siswa, padahal seharusnya perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat pada saat ini. Salah satu model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi internet adalah model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemandiria belajar siswa. Kemandirian belajar merupakan kesiapan seorang individu untuk belajar dengan inisiatifnya sendiri, dengan atau tanpa bantuan pihak lain dalam hal penentuan, tujuan dan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran flipped classroom terintegerasi active learning tipe true or false terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental atau eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Temanggung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dan lembar angket Hasil penelitian menunjukan nilai sig. soal tes 0.011 < 0.05 dan sig angket 0.046 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran flipped classroom terintegerasi active learning tipe true or false terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Active Learning, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 09:50
Last Modified: 22 May 2023 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum